Merodakh-Baladan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Merodakh-Baladan, raja Babel, menerima seorang raja taklukan, aslinya di Altes Museum, Berlin, Jerman.

Merodakh-Baladan (bahasa Akkadia: Marduk-apla-iddina II, ejaan huruf paku kuneiform ᴰMES.A.SUM-na, bahasa Inggris: Merodach-Baladan ; juga disebut Marduk-Baladan, Baladan dan Berodach-Baladan, arti harafiah (dewa) Marduk telah memberiku Ahli Waris) (memerintah 722 SM – 710 SM, 703 SM – 702 SM) adalah seorang pangeran Kasdim yang kemudian merebut tahta Kerajaan Babel pada tahun 722/721 SM, bersamaan dengan meninggalnya Salmaneser V, raja Asyur dan Babel, dan naik tahtanya Sargon II sebagai raja Asyur. Marduk-apla iddina II juga dikenal sebagai salah satu raja yang mempertahankan kemerdekaan Babel melawan kebesaran kekuatan militer Asyur selama lebih dari satu dekade.

Pemerintahan kedua kali di Babel[sunting | sunting sumber]

Sargon II, raja Asyur, menekan sekutu Marduk-apla-iddina II di Elam, Aram dan Israel, kemudian mengusirnya dari Babel pada tahun ~ 710 SM. Setelah Sargon II meninggal, Marduk-apla-iddina II mengambil alih lagi tahta Babel dari seorang bangsawan Babel setempat. Ia kembali dari Elam dan menyulut pemberontakan di Babel. Ia berhasil memasuki Babilon dan menyatakan diri sebagai raja kembali. Ia memerintah selama 9 bulan (703 SM – 702 SM). Setelah 9 bulan, ia dikalahkan dekat Kish (di Sumer) oleh pasukan Asyur, tetapi berhasil lolos ke Elam. Ia meninggal dalam pengasingan beberapa tahun kemudian.

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen dicatat bahwa Merodakh-Baladan mengirimkan utusan kepada raja Yehuda, Hizkia, di Yerusalem.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Erich Ebeling(ed.), Bruno Meissner (ed.), Ernst Weidner (ed.), Dietz Otto Edzard (ed.): Reallexikon der Assyriologie und vorderasiatischen Archäologie - Band 7 . Walter de Gruyter 1990, ISBN 3110104377, p. 375 (online copy di Google Books)
Didahului oleh:
Salmaneser V Ululayu
Raja Babel
722–710 BSM
Diteruskan oleh:
Sargon II
Didahului oleh:
Marduk-zakir-shumi II
Raja Babel
703–702 SM
Diteruskan oleh:
Bel-ibni