Menisik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Swiss darning" untuk memperbaiki rajutan [1] :145

Menisik atau menjerumat adalah teknik menjahit untuk memperbaiki lubang atau area aus pada kain atau rajutan dengan menggunakan jarum dan benang saja. Biasanya dilakukan dengan tangan, tetapi juga bisa menggunakan mesin jahit . Menisik tangan menggunakan tusukan tisik, jahitan berjalan sederhana di mana benang "ditenun" dalam barisan di sepanjang butiran kain, dengan penjahit membalikkan arah di akhir setiap baris, dan kemudian mengisi kerangka yang dibuat, sebagai jika menenun. Penisikan adalah metode tradisional untuk memperbaiki kerusakan atau lubang pada kain yang tidak memanjang di sepanjang jahitan, dan jika penambalan tidak praktis atau akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pemakainya, seperti pada bagian tumit kaus kaki.

Penisikan juga mengacu pada salah satu dari beberapa teknik menjahit yang dikerjakan menggunakan jahitan tisik:

  • Penisikan berpola adalah jenis sulaman yang menggunakan deretan jahitan lurus sejajar dengan panjang berbeda untuk menciptakan desain geometris. [2]
  • Penisikan jaring, disebut juga renda filet, adalah teknik abad ke-19 yang menggunakan jahitan pada kain dasar jaring untuk meniru renda .
  • Tenun jarum adalah teknik menyulam dengan benang yang melibatkan pola penusukan menjadi benang lusi atau benang pakan.

Menisik kain[sunting | sunting sumber]

Dalam bentuknya yang paling sederhana, tisik terdiri dari menancapkan benang pada kain di tepi lubang dan membawanya melintasi celah. Kemudian ditambatkan di sisi lain, biasanya dengan satu atau dua jahitan . Jika cukup banyak benang yang disilangkan di atas lubang, lubang tersebut pada akhirnya akan tertutup oleh banyak benang. [3] :142

Penisikan mewah, kadang-kadang dikenal sebagai Belgian darning, berupaya membuat perbaikannya tidak terlihat dan serapi mungkin. Seringkali lubang dipotong menjadi persegi atau menyatu dengan kain.

Ada banyak jenis tisik yang bagus. Tenun benang sederhana di atas dan di bawah dapat diganti dengan berbagai tenunan mewah, seperti kepar, chevron, dll., yang dicapai dengan melewatkan benang dalam pola teratur.

Penjahitan yang tak kasat mata adalah contoh dari upaya mengembalikan kain ke integritas aslinya. Benang dari tenunan asli diurai dari keliman atau jahitannya dan digunakan untuk melakukan perbaikan. Tisik tak kasat mata cocok untuk kain dan pakaian yang sangat mahal.

Dalam penjahitan mesin, garis-garis jahitan mesin dijalankan bolak-balik melintasi lubang, kemudian kain diputar dan lebih banyak garis dibuat pada sudut siku-siku. [1] :145

Peralatan[sunting | sunting sumber]

  • Batu tisik adalah alat berbentuk telur, terbuat dari batu, porselen, kayu, atau bahan keras serupa, yang dimasukkan ke bagian ujung atau tumit kaus kaki untuk menahannya dalam bentuk yang benar dan menjadi landasan untuk perbaikan. Cangkang kuwuk macan Cypraea tigris, hiasan populer di Eropa dan tempat lain, juga kadang-kadang digunakan sebagai telur tisik yang sudah jadi.
  • Jamur tisik adalah alat berbentuk jamur yang biasanya terbuat dari kayu. Kaus kaki direntangkan di atas bagian atas jamur yang melengkung, dan dikumpulkan erat di sekitar tangkai untuk menahannya di tempat penusukan.
  • Gambas tisik adalah labu kering berongga dengan leher menonjol. Kaus kaki dapat direntangkan hingga menutupi seluruh ujung labu dan dipasang di leher untuk menisik.
  • Jarum tisik biasanya memiliki ujung yang tumpul, untuk menghindari putusnya benang saat melewati benda yang sedang diperbaiki. Hal ini terutama berlaku untuk jarum yang lebih besar untuk menisik kain rajutan kasar.
  • Alat tenun tisik adalah alat tenun genggam yang sangat kecil untuk menenun tambalan pada kain asli.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b The Dictionary of Needlework: An Encyclopaedia of Artistic, Plain, and Fancy Needlework. 2 (edisi ke-2nd). L. Upcott Gill.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "NeedleworkDictionary_v2" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ Colton, Virginia, ed. (1979). Reader's Digest Complete Guide to Needlework. Pleasantville, NY: Reader's Digest Association. hlm. [//books.google.com/books?id=943WWJVygZ8C&pg=PA46 46]–[//books.google.com/books?id=943WWJVygZ8C&pg=PA47 47], [//books.google.com/books?id=943WWJVygZ8C&pg=PA57 57]. ISBN 0-89577-059-8. OCLC 5676532 – via Google Books.  line feed character di |pages= pada posisi 50 (bantuan)
  3. ^ The Dictionary of Needlework: An Encyclopaedia of Artistic, Plain, and Fancy Needlework. 2 (edisi ke-2nd). L. Upcott Gill.