Memories (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Versi 1982 dari "Memories" menampilkan vokal dari Whitney Houston dan saxofon dari Archie Shepp.[1] Versi 1982 dari "Memories" menampilkan vokal dari Whitney Houston dan saxofon dari Archie Shepp.[1]
Versi 1982 dari "Memories" menampilkan vokal dari Whitney Houston dan saxofon dari Archie Shepp.[1]

"Memories" adalah sebuah lagu rock progresif yang ditulis oleh Hugh Hopper[2] pada pertengahan 1960an dan dulunya direkam oleh grupnya The Wilde Flowers, meskipun versi mereka belum dirilis sampai beberapa tahun kemudian. The Wilde Flowers merupakan pendahulu dari grup Soft Machine, yang juga meng-cover lagu tersebut, seperti halnya artis-artis sejawatnya Robert Wyatt (dirilis sebagai B-side dari singelnya "I'm a Believer" dan pada albumk kompilasinya Eps[3]), dan oleh Daevid Allen (pada albumnya Banana Moon,[4] dengan vokal dari Wyatt).

Lagu tersebut di-cover pada 1982 oleh band Material pada album mereka One Down,[5] yang menampilkan vokal-vokal utama yang ditampilkan oleh Whitney Houston dalam penampilan pertamanya sebagai vokalis utama pada sebuah album. Album tersebut diproduksi oleh Bill Laswell.[6] Album tersebut juga menampilkan saxofon solo dari Archie Shepp.[1] Kritikus musik Doyle Greene menyebut kontribusi Houston pada lagu tersebut "mengkomandokan vokal soul-pop".[7]

Lagu tersebut juga di-cover oleh The Mars Volta, yang dicantumkan sebagai lagu bonus pada beberapa versi album mereka The Bedlam in Goliath.

Beberapa versi karya The Wilde Flowers dirilis pada sebuah kompilasi karya mereka pada 1994.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hann, Michael (12 February 2012). "Whitney Houston: Five great performances". The Guardian. Diakses tanggal 11 December 2016. 
  2. ^ "An interview with Hugh Hopper (1999), by Beppe Colli, 10 February 2003" at cloudsandclocks.net
  3. ^ The Wilde Flowers di AllMusic
  4. ^ Banana Moon di AllMusic
  5. ^ EPS di AllMusic
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama M - YouTube
  7. ^ Greene, Doyle (2014). The Rock Cover Song: Culture, History, Politics. McFarland. hlm. 22–24. ISBN 1476615071. Diakses tanggal 11 December 2016. 
  8. ^ One Down di AllMusic

Pranala luar[sunting | sunting sumber]