Meme coin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Koin meme (juga dieja memecoin) adalah mata uang kripto yang berasal dari meme Internet atau memiliki karakteristik lucu lainnya. Istilah ini dapat digunakan dalam arti luas sebagai kritik terhadap pasar mata uang kripto secara keseluruhan - yang didasarkan pada meme tertentu seperti "doge coin", selebriti seperti Coinye, dan skema pump-and-dump seperti BitConnect - atau dapat juga digunakan untuk membuat mata uang kripto menjadi lebih mudah diakses. Istilah ini sering kali meremehkan, membandingkan nilai atau kinerja mata uang kripto tersebut dengan mata uang utama. Di sisi lain, para pendukungnya, mengamati bahwa beberapa memecoin telah menjadi mata uang sosial dan memiliki kapitalisasi pasar yang tinggi.

Pada akhir 2013, Dogecoin dirilis setelah dibuat sebagai lelucon pada meme Doge oleh para insinyur perangkat lunak. Hal ini memicu terciptanya beberapa koin meme berikutnya. Pada Oktober 2021, ada sekitar 124 koin meme yang beredar di pasar. Contoh yang terkenal termasuk Dogecoin dan Shiba Inu.

Pada akhir 2021, iklan yang mempromosikan koin meme Floki Inu di London mengarah pada investigasi berikutnya seputar promosi koin meme, yang dianggap sebagai produk keuangan yang tidak diatur oleh ASA (Otoritas Standar Periklanan).

Beberapa negara telah mengambil langkah untuk mengatur koin meme. Pada awal 2021, Komisi Sekuritas dan Bursa Thailand melarang koin meme sebagai bagian dari tindakan keras terhadap barang digital yang "tidak memiliki tujuan atau substansi yang jelas".

Popularitas[sunting | sunting sumber]

Koin meme telah melonjak popularitasnya sejak Elon Musk mendukung penggunaan Dogecoin, salah satu koin meme pertama. Dia terus memposting tweet tentang Dogecoin pada tahun 2022, termasuk salah satu tweet pada bulan Januari di mana dia menyatakan bahwa dia akan makan Happy Meal dari McDonald's di siaran langsung TV jika mereka mulai menerima Dogecoin sebagai pembayaran. Risiko kehilangan uang cukup besar. Namun, beberapa proyek tampaknya berhasil dan berkelanjutan dari waktu ke waktu.

Popularity[sunting | sunting sumber]

Meme coins have surged in popularity since Elon Musk endorsed the use of Dogecoin, one of the first meme coins. He continues to post tweets about Dogecoin in 2022, including one in January where he stated he would eat a Happy Meal from McDonald's on live TV if they started accepting Dogecoin as payment. The risk of losing money is significant. However, some projects seem to be successful and sustainable over time.