Megalania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Megalania
Varanus priscus BW.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Squamata
Upaordo: Scleroglossa
Infraordo: Platynota
Superfamili: Varanoidea
Famili: Varanidae
Genus: Megalania
Spesies: M. prisca
Nama binomial
Megalania prisca
(Richard Owen, 1859)

Megalania adalah spesies biawak raksasa yang telah punah. Spesies ini merupakan salah satu megafauna yang ada di Australia selatan, dan telah menghilang sekitar 40.000 tahun yang lalu.Megalania prisca memiliki nama lain yakni Varanus priscus,berdasar pada anggapan struktur tubuh yang sedikit berbeda satu sama lain.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Megalania adalah kadal sejati terbesar yang pernah ada.Itu sekitar tiga kali besar Komodo di Nusa Tenggara,Indonesia.Panjang tengkorak Megalania diperkirakan 76 cm. Panjang badan Megalania panjangnya 3,5 meter. Sementara ada yang ditemukan sepanjang 7 meter.Beratnya sekitar 1.900 kilogram(2.000 kilogram singkat).Megalania memiliki kaki yang kuat untuk berlari secepat 3-10 km/jam dan rahang yang sangat kuat dengan puluhan gigi tajam yang juga kemungkinan mengandung bakteri beracun.Kulitnya keras,tebal,dan bersisik.

Mangsa[sunting | sunting sumber]

Megalania adalah pemangsa terbesar di Australia pada zamannya.Kadal raksasa ini tidak akan segan menyerang Diprotodon, Marsupialia raksasa sebesar sapi.Procoptodon,kanguru setinggi 3 m,atau Thylacoleo,singa marsupialia.Tidak ada yang bisa selamat dari gigitan Megalania yang beracun.Belum diketahui sebab mengapa kadal raksasa ini bisa punah,walau ada beberapa teori yang mengatakan mungkin seiring berjalannya waktu,mangsa-mangsa Megalania makin kecil dan lincah sehingga tidak bisa mereka tangkap,atau mereka diburu terus-menerus oleh Suku Aborigin awal karena dianggap monster iblis.

Megalania yang selamat[sunting | sunting sumber]

Di Papua Nugini, dan di Australia ada beberapa laporan Megalania yang selamat.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]