Mayoritas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mayoritas adalah himpunan bagian dari suatu himpunan yang jumlah elemen di dalamnya mencapai lebih dari separuh himpunan tersebut. Mayoritas bisa dibedakan dengan pluralitas, yang berarti himpunan bagian yang lebih besar daripada himpunan bagian lainnya. Lebih jelasnya, pluralitas tidak bisa dianggap mayoritas jika jumlah elemennya lebih sedikit daripada separuh himpunan tersebut. Dalam bahasa Inggris Britania, mayoritas (majority) dan pluralitas (plurality) sering disamakan dan kata mayoritas juga kadang dipakai untuk menyebut margin kemenangan, yaitu jumlah suara yang memisahkan pemenang pertama dan pemenang kedua.

Sebuah mayoritas bisa disebut mayoritas sederhana supaya bisa dibedakan dengan jenis mayoritas lainnya: mayoritas keseluruhan dalam sistem parlementer adalah perbedaan jumlah anggota legislatif antara pihak pemerintah dan oposisi;[1] mayoritas absolut adalah mayoritas "seluruh" pemilih, bukan hanya orang-orang yang sudah memilih;[2][3][4] dan supermayoritas adalah mayoritas yang lebih kuat daripada mayoritas sederhana.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Overall Majority". Longman Dictionary of Contemporary English. Longmans. Diakses 2009-04-26. 
  2. ^ "Definition of absolute majority noun from Cambridge Dictionary Online". 
  3. ^ "Simple majority". 
  4. ^ "With three-cornered contests as common as they now are, we may have occasion to find a convenient single word for what we used to call an absolute majority... In America the word majority itself has that meaning while a poll greater than that of any other candidate, but less than half the votes cast is called a plurality. It might be useful to borrow this distinction..." (Fowler, H.W. 1965 A Dictionary of Modern English Usage)