Mayor jenderal (Britania Raya)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mayor jenderal
Tanda pangkat Mayor jenderal Angkatan Darat Britania Raya (kiri) dan Laksamana Muda Angkatan Laut Kerajaan
Negara Britania Raya
Cabang angkatan Angkatan Darat Britania Raya
Marinir Kerajaan
SingkatanMayjen
PangkatBintang dua
Pangkat NATOOF-7
Pangkat atasanLetnan jenderal
Pangkat bawahanBrigadir jenderal
Pangkat setaraLaksamana muda Angkatan Laut Kerajaan
Marsekal muda Angkatan Udara Kerajaan

Mayor jenderal (Mayjen), adalah jenderal bintang dua Angkatan Darat Britania Raya[1] dan Marinir Kerajaan. Pangkat ini juga sempat digunakan sebentar oleh Angkatan Udara Kerajaan selama satu setengah tahun, dari pembentukannya hingga Agustus 1919.

Pangkat ini satu tingkat di atas Brigadir jenderal, dan satu tingkat di bawah Letnan jenderal. Kode pangkat ini dalam NATO adalah OF-7, setara dengan Laksamana muda Angkatan Laut Kerajaan atau Marsekal muda Angkatan Udara Kerajaan dan digunakan juga di banyak Negara-negara Persemakmuran.

Sebelum 1980-an, untuk pangkat yang menggunakan nama pangkat gabungan, digunakan tanda hubung (-), sehingga ditulis Mayor-jenderal. Saat ini, hampir selalu ditulis tanpa tanda hubung.[a]

Catatan dan Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ To see the confusion in a source as definitive as the London Gazette, compare the entries in these two editions from 1979: firstly: "No. 47869". The London Gazette (Supplement). 16 June 1979. hlm. 2.  and then:"No. 48015". The London Gazette (Supplement). 27 November 1979. hlm. 14929. 
  1. ^ British Army Website Diarsipkan 2009-12-14 di Wayback Machine.