Brigadir (Britania Raya)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Brigadir
Tanda pangkat Brigadir Angkatan Darat Britania Raya adalah Mahkota St. Edward di atas tiga logo Order of the Bath
Negara Britania Raya
Cabang angkatan Angkatan Darat Britania Raya
Marinir Britania Raya
SingkatanBrig
PangkatBintang satu
Pangkat NATOOF 6
Pangkat atasanMayor jenderal
Pangkat bawahanKolonel
Pangkat setara

Brigadir (disingkat Brig) adalah pangkat perwira senior dalam Angkatan Darat Britania Raya dan Marinir Britania Raya. Brigadir satu tingkat di atas Kolonel dan setingkat di bawah Mayor jenderal. Di banyak negara lain, pangkat Brigadir Angkatan Darat Britania Raya setara dengan pangkat Brigadir jenderal.

Kode peringkat NATO untuk pangkat ini adalah OF-6, setara dengan Komodor Angkatan Laut Britania Raya dan Komodor udara Angkatan Udara Britania Raya (RAF), serta sejajar dengan pangkat Brigadir jenderal militer Amerika Serikat dan di banyak negara anggota NATO lainnya.

Pangkat Brigadir pertama kali digunakan dalam Angkatan Darat Britania Raya pada masa pemerintahan Raja James II,[1] namun belum digunakan oleh Marinir Britania Raya sampai tahun 1913,[2] dan hanya digunakan sebentar oleh RAF pada masa awal pembentukannya dari 1 April 1918 hingga 31 Juli 1919, setelah itu diganti dengan pangkat Komodor udara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John J. McGrath (2009). The Brigade: A History, Its Organization and Employment in the US Army. DIANE Publishing. ISBN 1-4289-1022-0. Diakses tanggal 2010-06-19. 
  2. ^ Senior RM Officers - Promotion Diarsipkan 2017-08-10 di Wayback Machine., London Gazette