Matahari terbit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Matahari terbit di atas Selat Bristol, Inggris
Matahari terbit di Virginia Beach, Virginia
Matahari terbit di atas Laut Mati dilihat dari Masada, Israel

Matahari terbit adalah peristiwa dimana sisi teratas Matahari muncul di atas horizon di timur. Matahari terbit tidak sama dengan fajar, dimana langit mulai terang, beberapa waktu sebelum Matahari muncul, mengakhiri twilight (peristiwa cahaya Matahari terlihat mulai akhir senja hingga fajar). Karena refraksi atmosfer menyebabkan Matahari masih dapat terlihat sementara berada di bawah horizon, Matahari terbit dan Matahari terbenam adalah, dari satu sudut pandang, ilusi optik. Matahari juga muncul lebih besar di horizon, tapi hal ini merupakan ilusi optik lainnya, sama dengan ilusi bulan.

Revolusi Matahari ke barat mengitari bumi setelah keluar dari horizon disebabkan rotasi Bumi ke timur, sebuah revolusi berlawanan jarum jam ketika dilihat dari atas Kutub Utara. Ilusi ini sangat meyakinkan bahwa banyak budaya memiliki mitologi dan agama yang dibuat berdasarkan model geosentris. Efek yang sama dapat dilihat dengan satelit dekat kutub.

Warna[sunting | sunting sumber]

Matahari terbit dengan warna oranye di langit (pantai selatan Jamaika).

Rona merah dan oranye langit ketika Matahari terbit dan matahari terbenam disebabkan oleh penyebaran sinar Matahari oleh partikel debu, partikel kecil, aerosol padat lainnya, dan aerosol cair di atmosfer bumi. Intensitas warna Matahari terbit dapat melampaui intensitas Matahari terbenam ketika terjadi kebakaran malam hari, letusan gunung berapi atau emisi, atau badai debu di timur. Sejumlah letusan terakhir, seperbo]] tahun 1991 dan Krakatau tahun 1883, menghasilkan peristiwa Matahari terbit dan terbenam yang luar biasa di seluruh dunia.

Sesaat sebelum Matahari terbit atau setelah Matahari terbenam cahaya hijau dapat terlihat. [1] [2] [3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Ini adalah Matahari Terbit Palsu, sejenis Parhelion

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Red Sunset, Green Flash
  2. ^ Selected Papers on Scattering in the Atmosphere, edited by Craig Bohren ~SPIE Optical Engineering Press, Bellingham, WA, 1989
  3. ^ Science Made Simple

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Sunrises