Masyarakat Relawan Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Masyarakat Relawan Indonesia Diarsipkan 2022-11-03 di Wayback Machine. (MRI) merupakan sebuah organisasi masa independen, universal dan bebas melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk membela kepentingan dan hak-hak masyarakat dengan berorientasi pada pembangunan masyarakat sipil yang kuat. MRI menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam upaya mengokohkan kebersamaan dan membangun harmoni kehidupan masyarakat.[1] Diarsipkan 2022-11-03 di Wayback Machine.

MRI beranggotakan individu-individu relawan yang memiliki komitmen dan kontribusi dalam menciptakan perubahan positif pada lingkunganya baik lingkungan mikro maupun makro atas dasar prinsip kesukarelaan sebagai wujud tanggungjawab sosial sebagai individu, sebagai warga masyarakat, sebagai warga negara, dan sebagai warga dunia.[2] Diarsipkan 2022-11-03 di Wayback Machine.

Dalam menjalankan inti perannya yaitu mengembalikan kesejatian manusia untuk saling memuliakan, MRI menitikberatkan aktivitasnya pada:

Pelatihan Kerelawanan Diarsipkan 2022-11-03 di Wayback Machine.[sunting | sunting sumber]

Tujuan kegiatan ini adalah mencetak relawan yang memahami jatidiri dan prinsip kerelawanan, membuka wawasan dan mengasah keterampilan relawan agar dapat mengambil peran dalam aksi-aksi kemanusiaan baik penanganan bencana, maupun program kemanusiaan diberbagai bidang kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangkaian pelatihan kerelawanan ini setiap relawan diasah untuk mampu menjadi kontributor perubahan untuk perbaikan kondisi masyarakat dan bangsa.

Rangkaian pelatihan yang dilakukan, diantaranya:

  • Orientasi Kerelawanan
  • Managerial & Leadership Training
  • Paket Pelatihan Total Disaster Management (Penanganan bencana terpadu mulai dari mitigasi, emergency hingga recovery) mulai level basic hingga advance dilakukan secara bertahap.
  • Pelatihan Pengelolaan Program Kemanusiaan
  • Pelatihan Jurnalistik Kemanusiaan
  • Pembekalan berjenjang dalam “Universitas Kerelawanan”, dll

Sekretariat Pusat MRI[sunting | sunting sumber]

Menara 165, lantai 10,

Jl. TB. Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur

Jakarta Selatan, 12560, Indonesia

Email : info@relawan.id

WA : 0812 1400 0456[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Home". Masyarakat Relawan Indonesia (dalam bahasa Inggris). 2019-02-25. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-03. Diakses tanggal 2022-11-03.