Master Brand Award

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Master Brand Award
Master Brand Award
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Master Brand Award adalah penganugerahan tertinggi untuk sebuah merek yang diberikan oleh Majalah Makassar Terkini berdasarkan hasil survey lembaga riset Makassar Research.

Master Brand Award Overview[sunting | sunting sumber]

Merek adalah salah satu asset perusahaan yang paling penting. Lebih dari sekadar identitas, merek dapat membentuk value /nilai sebuah perusahaan hingga puluhan kali lipat dari nilai buku perusahaan. Merek juga dapat menciptakan loyalitas jangka panjang. Merek yang paling berpengaruh atau menjadi “Master” adalah merek yang memiliki nilai tertinggi dari 5 parameter yang menjadi Master Brand Index.

Perkembangan bisnis di Kota Makassar demikian pesat dalam 1 dekade terakhir. Di tengah ketatnya persaingan merek dan bisnis, kebutuhan akan informasi mengenai merek yang paling dipilih oleh konsumen menjadi penting bagi pelaku bisnis maupun brand owner.

Berdasarkan hal tersebut, Majalah Makassar Terkini menggagas Master Brand Award, sebagai sebuah penghargaan yang diberikan kepada merek-merek yang telah sukses membangun dan mempertahankan ekuitasnya.

Master Brand Award[sunting | sunting sumber]

Master Brand Award adalah penganugerahan tertinggi untuk sebuah merek yang diberikan oleh Majalah Makassar Terkini berdasarkan dari hasil riset yang dilakukan oleh sebuah Lembaga Riset Independen “Makassar Research” yang melibatkan 1000 responden penduduk tetap di daerah Makassar.

Master Brand Award dilaksanakan setiap tahun dan pertama kali dilaksanakan pada tahun 2011 di Makassar. Penganugerahan Master Brand Award tahun 2011 berlangsung di Grand Clarion Hotel tanggal 3 Maret 2011.

Metodologi Penelitian[sunting | sunting sumber]

Survey Master Brand dilakukan dalam lingkup wilayah Kota Makassar, dengan melibatkan 1000 Responden yang bermukim di Kota Makassar. Multistage Random Sampling digunakan sebagai Metode Sampling. Metodologi pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner dalam proses pengumpulan data.

Kriteria Responden, yaitu: Penduduk tetap Kota Makassar atau yang telah bermukim di Kota Makassar lebih dari 12 bulan (1 Tahun), pria/wanita dengan usia 18 tahun hingga 55 tahun, dan tingkat Status Ekonomi Sosial (SES) berada pada range SES E hingga SES A ( pengeluaran minimal Rp. 750.000,- / bulan hingga lebih dari Rp. 3.500.000,- / bulan ).

Master Brand Indeks diukur dengan menggunakan lima parameter yaitu merek yang paling diingat atau merek yang pertama kali disebut oleh responden ketika kategori produknya disebutkan(awareness), merek yang terakhir dipakai oleh responden (market share), kepuasan terhadap merek (satisfaction), merek yang akan dipilih kembali di masa mendatang (future intention), dan merek yang paling direkomendasikan oleh responden kepada orang lain (most recommended). Kelima parameter ini digunakan untuk menentukan nilai total persentase/index terhadap sebuah merek. Nilai parameter ini diberinama Master Brand Index (MBI).

Kriteria Master Brand Award[sunting | sunting sumber]

Merek yang berhak mendapat predikat Master Band adalah merek yang memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan oleh Makassar Research, yaitu:

  1. Merek yang memperoleh Master Brand Index di atas rata-rata industri kategorinya.
  2. Merek yang menurut hasil riset, berada pada urutan 3 (tiga) teratas dalam kategorinya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]