Masjid Putih Tomsk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Katedral Putih Tomsk
Томская Бе́лая соборная ме́че́ть
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Oblast Tomsk
Lokasi
LokasiTomsk
Negara Rusia
Arsitektur
ArsitekAndrey Ivanovich Langer
TipeMasjid
Gaya arsitekturTatar
Didirikan1913
Spesifikasi
Kubah1
Menara1

Masjid Katedral Putih Tomsk (bahasa Rusia: Томская Бе́лая соборная ме́че́ть) atau lebih dikenal dengan Masjid Putih Tomsk (bahasa Rusia: Томская Бе́лая ме́че́ть) adalah sebuah masjid bersejarah yang berada di kota Tomsk, Oblast Tomsk, Rusia. Masjid ini dibangun pada tahun 1913 oleh arsitek Andrey Ivanovich Langer.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masjid ini dibangun pada tahun 1913 oleh arsitek provinsi Andrey Ivanovich Langer, yang memiliki garis keturunan Austria. Andrey ialah penulis lusinan proyek, termasuk beberapa pembangunan gereja di Tomsk, sinagoge, dan teater drama. Andrey Langer mendesain Masjid Putih dengan gaya Art Nouveau dengan dekorasi Islami. Komunitas Mohammedan Tomsk di bawah kepemimpinan Akhund Khamza Khamitov pada awal abad ke-20 mengalami masa kebangkitan, baik secara spiritual maupun material. Mereka mengatakan bahwa pada setiap salat Jumat di Masjid Merah Tomsk, sejumlah besar sumbangan dikumpulkan untuk pembangunan masjid kedua, yang disebut Masjid Putih, dikarenakan warna temboknya.

Masjid yang berada di Jalan Moskovsky Trakt adalah salah satu karya terakhir Andrey Langer. Pada tahun 1916, Andrey dipanggil untuk dinas militer. Mullah resmi pertama Masjid Putih pada tahun 1917 adalah Yahya Nurmukhametov, yang dikirim ke Tomsk oleh Majelis Spiritual dari Ufa. Sebelum diangkat ke Tomsk, Yahya Nurmukhametov menjabat sebagai mullah di tentara Orenburg Cossack.

Pada tanggal 10 Oktober 1939, atas keputusan panitia pelaksana daerah, Masjid Putih ditutup sementara, gedung tersebut dipindahkan ke sekolah nasional Tatar. Kemudian minaretnya dihancurkan, dan bangunan itu sendiri kemudian digunakan oleh pengurus artel Kultsport. Sejak tahun 1960-an disinilah letak bengkel pabrik pensil berada. Pengembalian masjid kepada umat Muslim terjadi pada tahun 1990. Masjid ini dipugar pada tahun 1999 dan pada tahun itu juga masjid ini dioperasikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]