Masjid Märcani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Masjid Märcani, awal 2000-an.
Minaret dengan balkon.

Masjid Märcani [mærʑæˈni] (Sirilik: (әл-)Мәрҗани мәчете; sebelumnya Äfände, berarti Seigniorial, Masjid Katedral Pertama, Masjid Yunısovs), juga disebut al-Marjani, Madjani dan Mardzhani (bahasa Rusia: Мечеть (аль-)Марджани́) merupakan sebuah masjid di Kazan, Rusia, dibangun tahun 1766-1770 oleh pihak pemerintahan Katarina yang Agung dan sumbangan penduduk kota. Setelah beberapa tahun penyiksaan terhadap Muslim di Kekaisaran Rusia, Masjid Märcani menjadi masjid pertama yang dibangun di Kazan. Merupakan masjid tertua di Tatarstan dan satu-satunya masjid di Kazan yang selamat dari pengepungan selama era Soviet.

Masjid dibangun dalam gaya arsitektur pertengahan Tatar digabung dengan gaya baroque provinsial. Diketahui bahwa arsiteknya Vasily Kaftyrev. Masjid terletak di Distrik Tatar Lama (İske Tatar Bistäse) di Kazan di tepi danau Qaban.

Masjid Märcani bertingkat dua dan memiliki dua ruangan. Interiornya dirancang dalam gaya Baroque Petersburg. Tahun 1861 pedagang İ. Ğ. Yunısov menyumbang tangga tambahan, dan tahun 1863 ia menyumbang perpanjangan mihrab dan jendela baru. Pada masa itu disebut masjid Yunısovs sesuai nama keluarganya. Pada 1885 pedagang Z. Ğosmanov mendanai renovasi minaret. Pada 1887 pedagang W. Ğizzätullin dan M. Wälişin menambah balkon di minaret.

Nama masjid ini berasal dari pelajar Tatar Şihabetdin Märcani, yang bekerja sebagai imam sejak 1850.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  • (Tatar)"Märcani mäçete". Tatar Encyclopedia. Kazan: Akademi Institusi Ilmiah Ensiklopedia Tatar Republik Tatarstan. 2002.