Masjid Nizhny Novgorod

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Katedral Nizhny Novgorod
Ниже́городская соборная ме́че́ть
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Oblast Nizhny Novgorod
Lokasi
LokasiNizhny Novgorod
Negara Rusia
Arsitektur
ArsitekP.A. Dombrovsky
TipeMasjid
Gaya arsitekturTatar
Didirikan1913-1915
Spesifikasi
Kubah1
Menara1

Masjid Katedral Nizhny Novgorod (bahasa Rusia: Ниже́городская соборная ме́че́ть) atau lebih dikenal dengan Masjid Mohammedan (bahasa Rusia: Магоме́танская ме́че́ть) atau hanya Masjid Nizhny Novgorod (bahasa Tatar: Түбән Новгород җәмигъ мәче́те́) adalah sebuah masjid bersejarah yang berada di kota Nizhny Novgorod, Oblast Nizhny Novgorod, Rusia. Masjid ini pada tahun 1915 dan terletak di Jalan Kazanskaya Naberezhnaya, di sebelah Lapangan Sennaya, dan terminal bus dengan nama yang sama. Masjid ini milik komunitas bangsa Tatar Nizhny Novgorod dan dapat menampung hingga 5.000 jemaah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1908, komunitas Muslim Nizhny Novgorod membentuk "Komite Pembangunan Masjid Mohammedan" di bagian tengah kota Nizhny Novgorod. Kemudian pada tahun 1910, ketua Komite mengambil keputusan resmi untuk membangun masjid, dan pada musim panas tahun 1913 peletakan batu pertama dilakukan. Peresmian masjid berlangsung pada tanggal 20 Maret 1915, lalu pada tahun 1938 masjid ditutup dan mulai digunakan sebagai rumah sakit militer, taman kanak-kanak, gudang, dan untuk keperluan lainnya.[1]

Pada tahun 1988, setelah banyak petisi dan permohonan dari umat Islam kepada pimpinan negara, Masjid Katedral Nizhny Novgorod dikembalikan kepada umat Islam di kota itu.[1].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Ислам на Нижегородчине: энциклопедический словарь. Ислам в Российской Федерации. Вып. 1. Н. Новгород: ИД «Медина». Сост. и отв. ред. Д. В. Мухетдинов. 2007. ISBN 978-5-9756-0021-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]