Masjid As-Sajadah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 24°28′42.06″N 39°36′44.53″E / 24.4783500°N 39.6123694°E / 24.4783500; 39.6123694

Masjid As-Sajadah
Lokasi
LokasiMadinah, Arab Saudi
Arsitektur
TipeMasjid
Spesifikasi
Kubah1
Menara1

Masjid As-Sajadah (Arab: مسجد السجدة), Masjid Asy-Syukr atau Masjid Abi Dzar, adalah sebuah masjid yang terletak 900 meter utara Masjid Nabawi. Masjid ini disebut sebagai Masjid As-Sajadah dikarenakan tempat ini diyakini sebagai tempat sujud syukur Nabi ﷺ ketika ia mendapatkan kabar gembira dari Jibril tentang salawat. Saat ini, Masjid ini lebih dikenal dengan nama Masjid Abi Dzar dan terletak di Jalan Abi Dzar, Masjid ini dibangun ulang serta diperluas pada tahun 1421 H/2000.

Hadis tentang salawat yang turun di tempat ini[sunting | sunting sumber]

Telah menceritakan kepada kami Abu Salamah Manshur bin Salamah Al Khuza'i telah menceritakan kepada kami Laits dari Yazid bin Al Had dari 'Amru bin Abu 'Amru dari Abu Al Huwairits dari Muhammad bin Jubair bin Muth'im dari Abdurrahman bin Auf berkata; Suatu ketika Rasulullah ﷺ keluar kemudian aku mengikuti dia, ketika dia masuk ke kebun kurma, dia bersujud dengan memanjangkannya sehingga membuatku takut atau khawatir jika Allah mewafatkan atau mencabut ruhnya. Maka aku mendekati dia dan memperhatikannya, tiba-tiba dia mengangkat kepalanya, lalu bertanya: "ada apa denganmu wahai Abdurrahman?" saya pun menerangkan hal itu kepada dia, dan dia menjawab; "Jibril 'Alaihiis salam berkata kepadaku: 'Apakah kamu mau aku sampaikan kabar gembira kepadamu, sesungguhnya Allah 'azza wajalla berfirman kepadamu: 'Barangsiapa bershalawat kepadamu, niscaya Aku akan bershalawat kepadanya, dan barangsiapa yang mengucapkan salam kepadamu niscaya aku akan mengucapkan salam kepadanya." Telah menceritakan kepada kami Yunus telah menceritakan kepada kami Laits dari Yazid dari 'Amru dari Abdurrahman Abu Al Huwairits dari Muhammad bin Jubair dari Abdurrahman bin Auf berkata; "Aku masuk masjid dan melihat Rasulullah ﷺ keluar dari masjid, kemudian aku mengikutinya.., " kemudian dia menyebutkan hadits secara lengkap.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Software Kitab Hadits Online Terjemah Indonesia:Musnad Ahmad Hadits Nomor 1574". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-30. Diakses tanggal 2014-07-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]