Masjid As-Sabaq

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid as-Sabaq
Berkas:Madinah-western-expansion-before-after10a.jpg
Masjid As-Sabaq
Lokasi
LokasiMadinah, Arab Saudi
Menara1 buah

Masjid As-Sabaq (Arab: مسجد السبق), adalah salah satu masjid bersejarah yang ada di Madinah, Masjid ini terletak di barat laut Masjid Nabawi, disebelah Terminal SAPTCO (Perusahaan Negeri Transportasi Umum Arab Saudi). Tempat ini dahulu merupakan tempat balap kuda pada zaman Nabi ﷺ.

Hadits tentang balap kuda[sunting | sunting sumber]

Telah bercerita kepada kami 'Abdullah bin Muhammad telah bercerita kepada kami Mu'awiyah telah bercerita kepada kami Abu Ishaq dari Musa bin 'Uqbah dari Nafi' dari Ibnu Umar radliallahu 'anhuma berkata; Rasulullah ﷺ berlomba pacuan kuda dengan kuda yang disiapkan sebagai kuda pacuan dimana Dia melepasnya dari al-Hafya' dan batas akhirnya di Tsaniyatul Wada'. Aku bertanya kepada Musa: "Berapa jaraknya? ' Dia berkata: "Antara enam atau tujuh mil. Dan Dia juga berlomba pacuan dengan kuda yang bukan kuda pacuan dari Tsaniyatul Wada' sampai batas akhirnya di Masjid Bani Zuraiq. Aku bertanya: "Berapa jaraknya? ' Dia berkata: "Satu mil atau sekitar itu". Dan Ibnu Umar radliallahu 'anhuma adalah termasuk orang yang ikut dalam pacuan kuda itu".[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Software Kitab Hadits Online Terjemah Indonesia:Hadits Riwayat [[Al-Bukhari]] Nomor 2658". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-30. Diakses tanggal 2014-07-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]