Masalah lingkungan hidup di Turkmenistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Masalah lingkungan hidup di Turkmenistan paling terlihat di tiga bidang yang signifikan: penggurunan, pengeringan Laut Aral, dan polusi kimia. Ketiga bidang ini secara langsung terkait dengan praktik pertanian di negara ini.

Hanya Gurun Sahara di Afrika yang memiliki tingkat lebih tinggi dari penggurunan daripada gurun di Asia Tengah. Dari jumlah tersebut, Gurun Karakum dan Gurun Gurun Kyzyl Kum di Turkmenistan tumbuh ratusan ribu hektare per tahun. Kondisi ini bertahan karena praktik irigasi dan penggembalaan ternak pertanian yang tidak efisien, yang telah menyebabkan salinisasi tanah dan penghapusan tanaman penutup tanah secara masing-masing.

Teknik irigasi yang tidak efisien pada Amu Darya juga berkontribusi terhadap pengeringan lanjutan dari Laut Aral. Provinsi Daşoguz mengalami masalah yang paling berat karena pengeringan ini. Kualitas air minum telah anjlok, tingkat bakteri dalam air telah meningkat, dan tingkat kematian bayi, hepatitis, dan penyakit juga meningkat.

Penggunaan pupuk yang berlebihan pada kapas dan tanaman lainnya, serta penggunaan pestisida seperti DDT menyebabkan masalah polusi kimia menjadi besar. Banyak pupuk dan pestisida telah memasuki persediaan air tanah melalui pencucian atau limpasan dari peternakan karena penggunaan yang berlebihan atau tidak tepat.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]