Masalah lingkungan hidup di Tajikistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Masalah lingkungan hidup utama di Tajikistan adalah konsentrasi bahan kimia pertanian dan garam dalam tanah dan air tanah, kantong polusi udara yang tinggi disebabkan oleh industri dan kendaraan bermotor, polusi air dari limpasan pertanian dan pembuangan limbah industri secara sembarangan, manajemen yang buruk dari sumber daya air, dan erosi tanah.

Erosi tanah mempengaruhi sekitar 70 persen dari lahan irigasi. Penggembalaan juga memberikan kontribusi untuk erosi tanah. Polusi udara adalah masalah tertentu selama setahun ketika kondisi atmosfer terus menahan emisi industri dan kendaraan yang dekat dengan permukaan di daerah perkotaan. Di musim panas, debu dan pasir dari gurun di Uzbekistan dan Turkmenistan menyebabkan polusi udara di seluruh wilayah dataran rendah di barat daya. Degradasi hutan juga merupakan masalah serius karena pohon ditebang untuk memperluas padang rumput di pertanian kolektif.

Sebuah operasi pertambangan uranium besar era Soviet yang ditinggalkan dengan buruk dan berdiri di repositori limbah radioaktif di barat laut Tajikistan. Operasi lainnya di Tajikistan, mengekstrak dan memproses emas, antimoni, tungsten, merkuri, dan molibdenum, yang semuanya dikenal karena mengeluarkan limbah beracun. Sungai Kofarnihon, Zarafshon, dan Vakhsh melewati daerah industri berpolusi berat di negara ini, membawa polutan ke dalam Amu Darya dan menuju ke Laut Aral. Ekspansi pengolahan aluminium di Tursunzade, diusulkan pada tahun 2005, akan meningkatkan polusi industri di wilayah Dushanbe. Pengunduran diri Tajikistan tentang air untuk irigasi dari Syr Darya dan sungai dari Amu Darya juga mempengaruhi kuantitas air di hilir. Oleh karena itu, kebijakan pengelolaan air Tajikistan adalah keprihatinan regional. Penyelesaian masalah ini telah ditunda karena kemiskinan negara secara keseluruhan dan perang saudara yang terjadi pada 1992-1997. Meskipun perang saudara mengurangi aktivitas industri dan pertanian secara substansial, hal itu juga mengganggu pemantauan dan pemeliharaan kegiatan lingkungan yang diberlakukan oleh Komite Uni Soviet pada Perlindungan Alam, meninggalkan Tajikistan dengan infrastruktur yang sangat berkurang untuk kegiatan ekonomi dan lingkungan

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini berisi bahan berstatus domain umum dari situs web atau dokumen Library of Congress Country Studies.