Masafumi Akikawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Masafumi Akikawa
Asal Bendera Jepang Saijō, Prefektur Ehime, Jepang
Genre Opera
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 2001-sekarang
Label Teichiku Records

Masafumi Akikawa (秋川雅史 Akikawa Masafumi?, lahir di Saijō, Prefektur Ehime, 11 Oktober 1967; umur 47 tahun) adalah penyanyi tenor Jepang. Lagu yang dibawakannya, Sen no Kaze ni natte menjadi hit besar dan terjual lebih dari 1.170.000 keping di Jepang.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia mulai belajar piano dan biola sejak usia 4 tahun. Berkat dorongan ayahnya yang juga penyanyi, Akikawa mulai menekuni tarik suara sejak kelas 3 sekolah menengah pertama.[2] Sekolah Menengah Atas Prefektur Ehime Komatsu dilanjutkannya ke Akademi Musik Kunitachi hingga lulus dengan gelas magister. Setelah itu, ia pergi ke Parma, Italia selama 4 tahun untuk belajar. Sekembalinya di Jepang, Akikawa tampil dalam berbagai konser, di antaranya secara solo menyanyikan Simfoni No.9 dari Beethoven. Setelah itu, ia memenangi gelar penyanyi terbaik dalam kontes canzone, dan Kontes Penyanyi Klasik Jepang tahun 1998.[2]

Pada tahun 2001, Akikawa muncul pertama kalinya sebagai penyanyi rekaman dengan merilis album perdana, Passione Fukkatsu no Utagoe dengan label Columbia Music Entertainment. Album ini sekaligus membuatnya sebagai penyanyi tenor termuda yang merilis album di Jepang.

Pada 31 Desember 2006, ia tampil untuk pertama kalinya dalam acara malam tahun baru NHK, Kōhaku Uta Gassen. Lagu yang dibawakannya adalah Sen no Kaze ni natte. Penampilan di Kōhaku Uta Gassen membuat singelnya laku keras, dan masuk di urutan ke-4 tangga singel Oricon, 15 Januari 2007. Sebelumnya Akikawa, belum ada penyanyi tenor yang berhasil menempatkan lagunya dalam lima besar tangga Oricon. Minggu berikutnya (22 Januari 2007), Sen no Kaze ni natte sampai di urutan nomor satu Oricon.

Lirik lagu Sen no Kaze ni natte adalah terjemahan dari puisi Do not stand at my grave and weep yang diperkirakan ditulis oleh Mary Elizabeth Frye. Pencipta lagu Sen no Kaze ni natte adalah Man Arai yang menerjemahkan sendiri puisi aslinya ke dalam bahasa Jepang. Walaupun pernah dinyanyikan dan direkam oleh Arai, lagu ini baru sukses setelah dibawakan oleh Akikawa.

Dalam drama televisi Tōkyō Daikūshū tentang peristiwa Pengeboman Tokyo, Akikawa menyanyikan lagu tema berjudul Aisuru Hito yo yang ditulis Yoshiki dari X Japan. Drama ini ditayangkan bulan Maret 2008 untuk memperingati 55 tahun berdirinya Nippon Television.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  1. Passione Fukkatsu no Utagoe (21 Desember 2001)
  2. Dream of Love Ai no Yume (26 Mei 2004)
  3. Ifū Dōdō (CD) (21 September 2005)
  4. Ifū Dōdō (DVD-Audio) (21 September 2005)
  5. Sen no Kaze ni natte (24 Mei 2006)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sen no Kaze ni natte/Akikawa Masafumi (千の風になって/秋川雅史)". Oricon. Diakses 19 September 2008. 
  2. ^ a b "Profile". Situs resmi Masafumi Akikawa. Diakses 19 September 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]