Maria dari Portugal, Ratu Kastilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Infanta Maria dari Portugal (lahir 9 Februari 1313 – meninggal 18 Januari 1357 pada umur 43 tahun) merupakan seorang (puteri) infanta dan permaisuri Kastilia berkebangsaan Portugis. Ia adalah putri pertama Raja Afonso IV dari Portugal dengan istri pertamanya Beatriz dari Kastilia. Kakek maternalnya adalah Sancho IV dari Kastilia dan María de Molina.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia dilahirkan pada tanggal 9 Februari 1313. Maria menjadi Ratu Kastilia dari pernikahannya dengan Alfonso XI pada tahun 1328. Ia adalah ibu Pedro, Raja Kastilia dan León.

Hubungan antara Maria dan Alfonso tidak bahagia: dari tahun 1327 sebelum pernikahan mereka, Alfonso memiliki hubungan gelap dengan Leonor Núñez de Guzmán. Pada tahun 1335, Maria kembali ke ayahnya di Evora, yang meminta agar Alfonso berpisah dengan Leonor dengan menggunakan hubungannya dengan Paus, para muslim dan pemberontak di dalam Kastilia, dan akhirnya dengan perebutan kekuasaan. Di dalam perjanjian perdamaian di Sevilla pada bulan Juli 1340, Alfonso setuju untuk memenjarakan Leonor di dalam biara.

Ketika Alfonso wafat pada tanggal 26 Maret 1350, Maria mengamankan posisi kekuatannya dengan menggunakan pengaruh atas kepemimpinan dewan putranya, Juan Alfonso de Alburquerque. Ia berpartisipasi di dalam pemberontakan melawan putranya pada tahun 1354, dan menyerahkan Toro kepada para pemberontak, yang menyebabkannya dipenjara. Setelah itu, ia kembali ke Portugal.

Ia wafat di Évora pada tanggal 18 Januari 1357 dan dimakamkan di dalam kapel para raja di Katedral Sevilla.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Constanza dari Portugal
Ratu Kastilia dan León
1328–1350
Diteruskan oleh:
Blanche dari Bourbon