Marc Abraham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Marc Abraham
Marc Abraham
Pekerjaan produser

Marc Abraham adalah seorang produser film Amerika, dan presiden direktur Strike Entertainment, sebuah perusahaan film yang ia luncurkan pada tahun 2002 dengan Universal Pictures.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya, ia adalah salah satu pembuat Beacon Communications, sebuah rumah produksi dan bismis yang dibentuk tahun 1990.

Abraham pertama kali muncul di layar lebar sebagai sutradara dalam film Flash of Genius yang dibintangi Greg Kinnear dan Lauren Graham.[1] Berdasarkan kisah nyata, mengenai perjuangan penemu wiper untuk mendapatkan hak patennya. Juga untuk Universal Pictures, Abraham memproduksi Trouble is My Business, sebuah adaptasi dari sebuah novel klasik, yang dibintangi oleh Clive Owen.[2] Kini ia memproduseri remake dari film The Thing untuk Strike Entertainment bersama Eric Newman.[3]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sebagai Produser:

Sebagai Eksekutif Produser

Beacon Communications[sunting | sunting sumber]

Dalam beberapa tahun pertamanya, Beacon Communications memproduksi banyak film peraih penghargaan seperti [The Commitments (film)|The Commitments]] yang dinominasikan sebagai Film Terbaik dalam Golden Globe Award tahun 1992 [4] dan juga memenangkan empat penghargaan BAFTA; dan A Midnight Clear milik Keith Gordon yang dibintangi Ethan Hawke. Dalam kerjasama dengan Turner Pictures, Abraham sebagai eksekutif produser terhadap film A Life in the Theatre. Beacon juga memproduseri film Sugar Hill, yang dibintangi Wesley Snipes;The Road to Wellville, yang disutradarai Alan Parker dan dibintangi Anthony Hopkins; serta The Baby-Sitters Club, yang berdasarkan novel seri.

Karier[sunting | sunting sumber]

Abraham memulai kariernya sebagai copywriter untuk Young & Rubicamdi New York setelah lulus dari Universitas Virginia. Ia meninggalkan bisang periklanan untuk terjun penuh dalam karier penulisannya dan bekerja sebagai penulis olahraga lepas untuk beberapa koran dan majalah. Dia juga menulis dua buku untuk International Olympic Games untuk Penerbitan Universal.

Abraham memasuki dunia film dimulai dengan film dokumenter Playing to Win, sebuah dokumenter mengenai sistem atletik Kuba. Dia menulis beberapa skenario untuk studio-studio termasuk 20th Century Fox, Warner Bros. and CBS. Dia juga menulis untuk beberapa series populer seperti 21 Jump Street and Moonlighting (serial TV).

Penghargaan dan Afiliasi[sunting | sunting sumber]

Abraham adalah anggota Wirter's Guild, the Producer's guild, dan sebagai dewan di Virgiia Film Festival dan Pusat Kebijakan Kekerasan. Dia dianugerahi Spirit of Chrysalis Awards, untuk Abraham yang tak kenal lelah dalam berkomitmen dalam menjalani profesinya, serta membantu orang-orang yang tunawisma di Los Angeles.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]