Malaya Watson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Malaya Watson
Foto Malaya Watson pada bulan Mei 2020
Foto Malaya Watson pada bulan Mei 2020
Informasi latar belakang
Nama lahirMalaya Tina Bandico Watson
Lahir24 September 1997 (umur 26)
Amerika Serikat Southfield, Michigan, Amerika Serikat
Pekerjaanpenyanyi, pemain tuba
Tahun aktif2014-sekarang

Malaya Tina Bandico atau yang kerap disapa Watson Malaya Watson ( lahir 24 September 1997) adalah seorang penyanyi Amerika Serikat dan pemain tuba dari Southfield, Michigan, yang tereliminasi di tempat ke-8 pada musim ketiga belas dari American Idol. Malaya adalah kontestan termuda kedua dalam sejarah American Idol yang telah mencapai live show, di samping kontestan American Idol Musim Kesepuluh, Lauren Alaina.

Dia adalah setengah keturunan Filipina-Amerika, setengah keturunan Afrika-Amerika, putri Ronald Watson, pemain gitar profesional, dan Marian Bandico Watson, seorang perawat. Ibunya adalah orang Filipina, yang berasal dari Manila, Filipina. Malaya adalah pemain tuba di marching band Sekolah Menengah Atas Southfield. Dia juga merupakan alumni dari Mosaic Youth Theater of Detroit dan Paduan Suara Anak Michigan Opera Theater.

Pengaruh Musik[sunting | sunting sumber]

Dia menyebutkan dua kakek dan ayahnya sebagai pengaruh musik pribadinya. Ia menggambarkan gayanya dalam menyanyi dari Sly Stone dan Beyoncé Knowles.

Dukungan dari Selebriti[sunting | sunting sumber]

Watson mendapat dukungan dari sejumlah selebriti selama waktunya di American Idol.

American Idol[sunting | sunting sumber]

Malaya Watson mengikuti audisi di Detroit dengan membawakan lagu dari Aretha Franklin "Ain't No Way". Malaya adalah kontestan termuda kedua dalam sejarah American Idol yang telah mencapai live final. Malaya Watson (16) lahir pada tanggal 24 September 1997, membuatnya menjadi kontestan termuda kedua untuk tampil di panggung Idol, seperti Lauren Alaina yang berusia 15 seperti Malaya pada saat audisi tapi Malaya lahir pada bulan September 1997 dan Alaina lahir di November 1994 membuat Malaya sedikit lebih tua dari Alaina pada waktu itu.

Pada putaran pertama di Hollywood, dia menyanyikan lagu "Brand New Me" oleh Alicia Keys. Dia menyanyikan lagu "I Believe" pada saat final solo di putaran Hollywood. Saat bernyanyi, lagu yang ia bawakan dipotong oleh juri Harry Connick Jr yang mengatakan bahwa dia tidak sesuai dengan kunci nada. Dia bernyanyi ulang dan menerima sambutan dengan tepuk tangan dan berdiri di hadapan para juri. Dia diumumkan sebagai salah satu dari Top 15 gadis yang akan melalui Top 30.

Selama Rush Week (Top 30) Malaya menyanyikan lagu "Hard Times (No One Knows Better Than I)" oleh Ray Charles. Malaya menerima komentar positif. Di pengumuman malam Top 13, Malaya diumumkan aman dan lolos ke Top 13.

Watson menyanyikan "Runaway Baby" oleh Bruno Mars selama minggu pertama final, Top 13 menerima komentar negatif dari para juri. Pada pengumuman hasil, ia diumumkan sebagai salah satu dari tiga terbawah, tapi akhirnya kontestan Kristen O'Connor dieliminasi.

Dengan tema berikutnya "Home", Watson memilih untuk menyanyikan "Take Me To The King" oleh Tamela Mann. Dia menerima umpan balik positif dari semua juri dengan juri Keith Urban memanggil penampilannya yang "comeback besar", "goosies" dia yang pertama dari pertunjukan live. Dia juga menerima standing ovation dari para juri. Selama hasil acara, Watson dinyatakan aman, dan lolos ke Top 11.

Watson menyanyikan lagu "I Am Changing" oleh Jennifer Hudson untuk tema Top 11 "Songs From The Cinema". Dia menerima umpan balik positif dari para juri dengan Harry Connick Jr memanggilnya "big belter" tahun ini dan menerima tepuk tangan dengan berdiri. Pada hasil malam Malaya diumumkan aman dan lolos ke sepuluh besar, dan dia akan menjadi bagian dari tur "The American Idols Live" pada musim panas.

Untuk minggu " Billboard Top 10", Malaya menyanyikan "When I Was Your Man" oleh Bruno Mars. Dia menerima umpan balik positif dari juri Jennifer Lopez yang mengatakan bahwa ia "goosies". Pada malam pengumuman, Malaya diumumkan aman untuk kali ketiga secara beruntun dan lolos ke Top 9.

Pada tanggal 19 Maret 2014, Runner-up American Idol Season 11 Jessica Sanchez telah mengumumkan dukungan untuknya sesama Filipina - Amerika karena Sanchez menjadi orang Filipina di sisi ibu nya. Penyanyi ini mentweet di Twitter "Malaya, Saya harap Anda selalu berhasil. Saya harap Anda melakukannya dengan baik juga. Saat ini saya belum bisa menonton pertunjukannya tapi aku mendengar bahwa Anda melakukannya dengan menakjubkan dan bahwa Anda memiliki suara yang luar biasa. Good luck, Malaya. Saya di sini untuk mendukung Anda."

Untuk minggu "I'm With The Band", Malaya menyanyikan "The Long and Winding Road" oleh The Beatles. Dia membawakan twist jazzy pada penampilannya serta mendapatkan umpan balik positif dari para juri. Juri Keith Urban mengungkapkan cintanya pada suara Malaya. Saat malam pengumuman Top 8, Malaya diumumkan sebagai kontestan aman kedua setelah sesama kontestan, Jena Irene.

Watson menyanyikan "Ain't No Way" untuk minggu "Back to The Start", yaitu sesi untuk para kontestan menyanyikan lagu-lagu audisi mereka lagi. Malaya menerima umpan balik positif dari para juri dengan Keith Urban memberinya standing ovation. Jennifer Lopez menyatakan bahwa "Malaya akan melarikan diri dengan kompetisi". Dia menyanyikan "Lucky" dengan sesama kontestan Sam Woolf. Dia diumumkan sebagai salah satu dari bagian 3 terbawah pada hasil malam itu. Sam Woolf diumumkan sebagai kontestan dengan jumlah suara dukungan terendah, namun diselamatkan oleh para juri.

Watson menyanyikan "Through the Fire" oleh Chaka Kahn sebagai penyanyi solo untuk tema malam "80". Dia menerima umpan balik hangat dari para juri. Dia juga menyanyikan lagu "I Knew You Were Waiting" oleh Aretha Franklin dan George Michael untuk duetnya dengan CJ Harris. Watson mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan "Hollywood Reporter" bahwa ia kecewa pada dirinya dengan penampilan malam itu dan percaya dia bisa saja lebih baik . Dia juga mengatakan bahwa sementara kontestan lainnya bergantung di sekitar satu sama lain dia cenderung untuk tinggal di kamarnya . Dia menambahkan bahwa dia tidak bergaul dengan banyak orang dan bahwa ia mengganggu semua orang, jadi dia tetap sendirian.

Setelah dianggap sebagai yang terdepan untuk menang oleh juri Jennifer Lopez dan fans, Watson diumumkan sebagai kontestan dengan jumlah suara terendah untuk mengungkapkan malam Top 7. Dengan juri mengatakan Malaya tersingkir dari kompetisi. Dia menyanyikan lagu "I Am Changing" sebagai lagu perpisahan. Saat ia bernyanyi dia mulai meneteskan air mata. Sebagai juri, Jennifer Lopez menyaksikan pertunjukan terakhir, dia juga mulai menangis. Setelah penampilan terakhirnya Watson menerima standing ovation akhir dari semua tiga juri. Malaya ditempatkan di Top 7 di kompetisi ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

1.http://www.hollywoodreporter.com/idol-worship/american-idol-malaya-watson-689753

2.http://www.hollywoodreporter.com/idol-worship/american-idol-malaya- watson-689753

3.http://americanidolnet.com/jennifer-lopez-very-sad-over-malaya-watson-elimination-interview/

4.http://ph.celebrity.yahoo.com/news/jessica-airs-support-malaya-153353628.html

5.http://hollywoodlife.com/2014/04/10/malaya-watson-american-idol-drama-feud-interview/

6.http://americanidolnet.com/jennifer-lopez-very-sad-over-malaya-watson-elimination-interview/

7.http://americanidolnet.com/jessica-sanchez-mad-about-malaya-watson- elimination/

8.http://americanidolnet.com/jennifer-lopez-very-sad-over-malaya-watson-elimination-interview/