Magnus dari Füssen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santo Magnus dari Füssen
Patung Santo Magnus dari Füssen di luar Basilika Santo Magnus di Füssen, Bayern.
Wafat Abad ke-7 atau 8
Hari peringatan 6 September

Santo Magnus dari Füssen, atau Magnoald atau Mang, merupakan seorang misionaris di Jerman Selatan, juga dikenal sebagai rasul dari Allgäu. Ia dipercayai secara kontemporer sebagai Santo Gallus (wafat pada tahun 627) atau Santo Bonifasius (wafat pada tahun 754) dan dimuliakan sebagai pelopor dari Biara Santo Mang, Füssen.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Hampir tidak ada informasi terpercaya mengenai kehidupannya. Satu-satunya sumber adalah "Vita S. Magni" kuno, namun berisi begitu banyak anakronisme yang jelas bahwa ketergantungan kecil dapat ditempatkan di atasnya. Sumber tersebut berhubungan dengan 2 orang misionaris Irlandia, Santo Columbanus dan Santo Gallus, menetap beberapa lama dengan Willimar, seorang pastur di Arbon. Disini Gallus jatuh sakit dan ditugaskan dari Magnus dan Theodore (Magnoald dan Theodo), 2 ulama yang tinggal dengan Willimar, ketika Columbanus proses ke Italia dan mendirikan biara Bobbio. Ketika Gallus diberitahukan tentang kematian Columbanus ia mengirim Magnus untuk berdoa di makamnya di Bobbio. Magnus kembali dengan pengikut Columbanus dan kemudian mereka mengikuti kepemimpinannya. Setelah kematian Gallus, Magnus meneruskan kepemimpinan di sana.

Sekitar pada masa ini seorang pastur dari Keuskupan Katolik Roma Augsburg, yang bernama Tozzo atau Toto, datang sebagai peziarah ke makam Santo Gallus mengundang Magnus untuk menemaninya ke arah Timur Allgäu. Magnus proses ke Eptaticus (Epfach), dimana Wichbert, Uskup Agung dari Augsburg menemaninya dan mempercayainya akan menkristianikan bagian Timur Algäu. Ia merambah ke padang gurun lalu melintasi sungai Lech ke tempat yang masih dikenal sebagai St. Mangstritt ("tapak kaki Santo Magnus") dan mendirikan sebuah sel, dimana kemudian biara Füssen didirikan, dan dimana ia wafat. Ia dimakamkan digereja yang ia dirikan. Pada tahun 851 ia dipindahkan makamnya ke gereja yang baru. Salah satu tulangnya dikirim ke Santo Gallus di Swiss. Sekitar tahun 1100 seluruh tulangnya hilang. Tempat makamnya dapat di lihat di bawah tanah Basilika Santo Mang, Füssen. Sebuah serpihan kecil sternum dikirim dari Santo Gallus untuk Füssen dan sekarang terletak di sebuah salib kaca besar tergantung di atas altar utama. Ini juga termasuk staf, salib dan piala milik Santo.

Patung Santo Magnus

"Kehidupan" konon ditulis oleh Theodore, sahabat Magnus, yang kepalanya ditempatkan di dalam makam. Ketika pada tahun 851 Uskup Agung Lanto memindahkan peninggalan tersebut ke gereja yang baru di Füssen, "Kehidupan" yang disebutkan itu telah ditemukan dalam keadaan hampir tak terbaca, dan telah diperbaharui dan ditulis ulang oleh Ermenrich, seorang biarawan dari biara Ellwangen. Buku tersebut diperbaharui kembali dengan tambahan yang berharga pada tahun 1070 oleh Otloh dari Biara Santo Emmeram. Naskah dipelihara di Biara Santo Gallus (Codex 565).

Hari rayanya jatuh pada tanggal 6 September.