Mageirokofobia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mageirokofobia atau mageirocophobia merupakan fobia atau ketakutan terhadap memasak.[1] Fobia merupakan suatu keadaan ketika seseorang merasa ketakutan berlebihan terhadap hal tertentu, objek nyata, maupun perasaan yang ditimbulkan sendiri.[2] Pada dasarnya, fobia berasal dari perasaan takut yang irasional atas sesuatu hal yang spesifik atau bisa dipicu oleh stimulus yang sebenarnya tidak menakutkan dan mengancam keselamatan diri. Pada pengidap fobia, ketakutan yang dirasa melebihi bahaya yang ada. Secara psikologis, hal ini akan mengganggu produktivitas bagi orang yang mengalaminya. Mageirokofobia adalah salah satu ragam fobia. Pengidap Mageirokofobia akan merasa terancam dan merasa tidak aman terhadap orang yang pandai memasak. Hal ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada pengidap Mageirokofobia.

Kecemasan tanpa mengurangi emosi yang baik akan menghasilkan gangguan kejiawaan yang didiagnosis berbeda-beda sesuai perilaku yang dimunculkan tiap individu. Mageirokofobia salah satunya, ketakutan terhadap memasak yang umumnya biasa saja untuk beberapa orang. Penanganan yang bisa dilakukan adalah memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater dan tidak melakukan swadiagnosis

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ridwan (2015). "Fobia, Ragam, dan Penanganannya". At-Ta'lim. 6 (6): 74–86. ISSN 2087-8176. 
  2. ^ Fuad, Evans, dkk (Januari 2019). "Perangkat Media Terapi Bagi Anak Penderita Fobia Jarum Suntik (Trypanophobia) Menggunakan Teknologi Augmented Reality". Jurnal Media Informatika Budidarman. 3 (1): 48–53. doi:10.30865/mib.v3i1.1063.