MA Negeri 1 Jember

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
MA Negeri 1 Jember
Informasi
Program/jurusan/
peminatan
IPA , IPS , Bahasa dan Agama
Rentang kelas X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS, XI Bahasa, XII Bahasa, XI Agama dan XII Agama
Kurikulum Kurikulum 2013 atau Pendidikan Berbasis Karakter
Alamat
Lokasi Jl. Imam Bonjol 50, Jember, Jawa Timur
Situs web Situs Resmi

MA Negeri (MAN) 1 Jember, merupakan salah satu Madrasah aliyah Negeri terbaik yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan MA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di MAN 1 Jember ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

  • Masa Perintisan

Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember (MAN 1Jember ) lahir dari perjalanan panjang sebuah sejarah persekolahan di Jember. Perjalanan panjang perintisan berdirinya Madrasah Aliyah Negeri Jember, sekarang MAN 1 Jember , dimulai sejak tahun 1967. Sebuah perjalanan sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh siapa pun, khususnya masyarakat Jember, dan keluarga besar di lingkungan Departemen Agama umumnya.

MAN 1 Jember pada mulanya berdiri atas inisiatif dan prakarsa, serta perjuangan ikhlas para tokoh dan para sesepuh kota Jember. Atas parakarsa dan inisiatif tersebut, pada tahun 1967 berdirilah sebuah lembaga pendidikan Islam setingkat MA di Jember. Lembaga pendidikan ini pada mulanmya diberi nama SPIAIN Jember, Sekolah Persiapan Institut Agama Islam Negeri. Lulusan dari sekolah ini memang diharapkan dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang IAIN (Institut Agama Islam Negeri). Lembaga ini berkembang dengan pesat hingga tahun 1978.

Setelah melalui liku-liku perjalanan yang cukup panjang, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor : 17 Tahun 1978, tanggal 30 Maret 1978, SPIAIN Jember diubah namanya menjadi Madrasah Aliyah Negeri Jember (MAN). Baru terhitung mulai tanggal 23 Agustus 2004 resmi berganti namanya menjadi Madrasah Aliyah Negeri Jember 1 ( MAN Jember 1) berdasarkan Keputusan Menteri Agama nomor 168 tahun 2003, tanggal 24 Maret 2003.

Pada awal mula berdirinya, proses KBM berlangsung di IAIN Jember, di kawasan pasar Johar, sekarang kawasan Mutiara Shopping Center. Karena adanya pertumbuhan dan perkembangan murid yang cukup pesat, kegiatan belajar mengajar (KBM) selain di IAIN, juga diselenggarakan di tempat lain, yaitu dengan menyewa bangunan SDN Brawijaya milik Dinas P3K, sekarang SDN Kepatihan.

Searah dengan perkembangan dan pertumbuhan MAN yang terus melaju, terbersit keinginan untuk memiliki tanah dan gedung permanen agar konsentrasi pengembangan lebih terfokus. Alhamdulillah, atas ridlo dan karunia Allah SWT, keinginan untuk memiliki tanah dan sebuah gedung permanen itu terwujud. Pada tahun 1982 para perintis mampu membeli tanah dan mampu membangun sebuah gedung permanen di kawasan Kaliwates, kawasan Jalan Imam Bonjol 50 Jember, sebagaimana yang ada sekarang ini.

Dengan modal keikhlasan dan perjuangan karena Allah SWT, para perintis melakukan pengembangan secara terus-menerus dalam segala bidang, baik bidang sarana prasarana, bidang ketenagaan, bidang program kurikuler, dan program keterampilan. Perjuangan itu sampailah sekarang ini, dan jadilah MAN Jember 1 seperti yang ada ini. Pengembangan dan peningkatan di berbagai bidang senantiasa terus dilakukan, tidak pernah berhenti sampai nanti.

  • Masa Perkembangan

1. Program Keterampilan

Pada tahun 1988/1989 berdasar Piagam Kerja Sama Departemen Agama dengan United Nation Development Program (UNDP) Nomor INS/85/036/A/01/13, tanggal 14 Desember 1987 Madrasah Aliyah Negeri Jember 1 ditunjuk sebagai proyek percontohan (pilot project) lembaga pendidikan penyelenggara pendidikan keterampilan, bersama dengan 2 MAN, yaitu MAN Kendal Jateng, MAN Garut Jabar. Keterampilan yang diujicobakan adalah keterampilan otomotif, keterampilan elektronika, dan keterampilan tata busana.


2. Program MAPK - MAK

Bersamaan dengan pengembangan program keterampilan tersebut, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 73 Tahun 1987, Madrasah Aliyah Negeri Jember 1 ditunjuk sebagai madrasah penyelenggara program Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK), bersama dengan empat Madrasah Aliyah Negeri di Indonesia, yaitu MAN Padang Panjang Sumatera Barat, MAN Yogyakarta (Jawa Tengah), MAN Ujung Pandang Sulawesi Selatan, dan MAN Ciamis Jawa Barat. MAPK adalah program pendidikan unggulan setingkat MA dengan komposisi kurikulum pembelajaran 70 % Ilmu-Ilmu Agama Islam dan 30 % Ilmu-Ilmu Umum. Setelah enam tahun berjalan, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 371 tahun 1993, nama MAPK diubah namanya menjadi Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK).

Program MAPK-MAK berjalan baik dan berkembang dengan ditunjukkan oleh para lulusan yang berkualifikasi baik dan semua orang mengakui hal itu. Sekarang para alumni bekerja mengabdikan dirinya di berbagai bidang, di bidang pendidikan, di lembaga pemerintahan, di jalur politik, di bidang militer, di bidang hokum, mubalig, dan berkecimpung di masyarakat.

Program Keterampilan dan Program MAPK itulah yang mampu membawa MAN Jember 1 terkenal dan dikenal tidak saja di kawasan provinsi Jawa Timur, di Indonesia, tetapi juga dikenal hingga di kawasan regional. Bahkan Malaysia dan Philipina pernah melakukan studi banding di MAN Jember 1. Dan sempat juga salah satu siswa MAN Jember 1 program MAPK mengikuti program pertukaran pelajar di Jepang.

Dalamn Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi poin 5 dinyatakan bahwa pada tahun pelajaran 2007/2008 Madrasah Aliyah penyelenggara MAK tidak diperkenankan menerima murid lagi. Merujuk surat edaran tersebut, pada tahun pelajaran 2007/2008 MAN Jember 1 tidak menerima siswa baru program MAK. Sebagai gantinya, MAN Jember 1 membuka jurusan Program Ilmu-Ilmu Agama sebagaimana yang disarankan Kurikulum 2006.


3. MAN Model

Pada perkembangan berikutnya, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Binbaga Islam Depag RI, No. F.IV/PP.00.6/KEP/17.A/98, tanggal 20 Pebruari 1998, tentang Madrasah Aliyah Model, MAN Jember 1 ditingkatkan statusnya menjadi MAN Model, yang di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas PSBB (Pusat Sumber Belajar Bersama).

MAN Model yang di dalamnya memiliki PSBB berfungsi sebagai unit pelaksana teknis pelatihan-pelatihan bagi guru-guru dan SDM MA lainnya dalam upaya meningkatkan standar mutu pendidikan MA dan untuk memberdayakan MA Model , agar dapat berfungsi sebagai sekolah percontohan bagi MA-MA disekitarnya sehingga berfungsi sebagai laboratorium atau klinik bagi MA pada umumnya.

Untuk melaksanakan fungsi itu, PSBB dilengkapi dengan laboratorium science, laboratorium bahasa, perpustakaan, dan asrama peserta pelatihan.

Kini MAN Jember 1 terus melaju untuk mengembangkan potensinya, mengimbangi kemajuan zaman, khususnya bidang pendidikan, serta melakukan pemenuhan tuntutan masyarakat. Secara spektakuler MAN Jember 1 terkenal, tidak hanya secara nasional, tetapi juga dikenal di kawasan regional.

Selain dua program unggulan tersebut, MAN Jember 1 mengembangkan pula berbagai program keterampilan , yaitu program keterampilan pertanian dan program keterampilan bahasa, serta program computer.

Selain pengembangan program, memenuhi dirinya pula dengan berbagai sarana prasarana pembelajaran, media pembelajaran berteknologi canggih, dan keragaman program pengembangan kesiswaan, dan program pengembangan profesionalitas guru, serta karyawan. Bahkan kini MAN Jember 1 merencanakan dan merancang pengembangan Profil MAN Jember 1 hingga 2015.

Harus diakui, para alumni MAN Jember 1 terus berkembang, mengisi kebutuhan masyarakat. Mereka ada di mana-mana, di berbagai sector kehidupan masyarakat dan pemerintahan, serta bidang pendidikan. Mereka semua berkarya di bidang wiraswata, pegawai negeri, dosen, guru, mubalig, bidang hokum, militer, kepolisian, yang siap mengabdikan dirinya membangun bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki MAN 1 Jember untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

MAN 1 Jember memiliki banyak sekali kegiatan ekstrakurikuler,sebagian diantaranya,

Pranala luar[sunting | sunting sumber]