M981 FISTV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
M981 FIST-V

M981 FISTV (Fire Support Team Vehicle) adalah kendaraan militer lapis baja Angkatan Darat Amerika Serikat yang dirancang sebagai tempat basis tim pengamat observer artileri pada unit mekanis. Kendaraan tersebut pada dasarnya adalah kendaraan M901 Improved TOW Vehicle (ITV)- dengan casis dasar kendaraan M113 Armored Personnel Carriers - yang kemudian dimodifikasi, sehingga cocok di medan pertempuran.

M981A3 FIST-V adalah varian dari M113 FOV yang digunakan sebagai kendaraan artileri garis depan dalam konsep dukungan serangan. Misi utama adalah untuk meningkatkan efisienensi kombinasi tentara oleh kemampuan yang dimiliki FIST HQ dengan operasi dasar dalam targeting, self-locating dan peralatan designating yang akan meningkatkan pada akurasi tembakan pertama dan pergerakan manuver dan mobilitas unit kendaraantersebut.[1]

Kendaraan memiliki casis M113, dengan laser target designator dipasang di atap kendaraan. Di dalam kendaraan terdapat 6 radio set AN/GRC-160 sebaik radio set AN/VRC-46. Dua alat digital message juga diintegrasikan dalam kendaraan untuk review, edit, panggilan langsung.

M981 membawa Ground/Vehicular Laser Locator Designator (G/VLLD), yang dirancang menyamar di M901, membuat kendaraan ini tidak terlalu mencolok bagi penembak musuh. FIST-V memiliki kemampuan komunikasi suara dan digital yang aman. Ground/Vehicular Laser Locator Designator (G/VLLD) merupakan laser designator, fungsinya hampir sama seperti targeting pod pada pesawat tempur modern.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://fas.org/man/dod-101/sys/land/m981.htm M981 Fire Support Team Vehicle (FISTV)