Mérida, Spanyol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Mérida adalah ibu kota komunitas otonom di Extremadura, Spanyol. Kota ini terletak di provinsi Badajoz, dengan penduduk berjumlah 53.089 (2005).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kota ini didirikan pada 25 SM, dengan nama Emerita Augusta (nama Mérida adalah evolusi dari nama ini) atas perintah Kaisar Augustus, untuk melindungi lintasan dan jembatan di atas sungai Guadiana. Dua legiun veteran dulunya tinggal di sana: V Alaudae dan X Gémina. Kota ini menjadi ibu kota provinsi Lusitania, dan salah satu dari kota terpenting di Kekaisran Romawi. Mérida melestarikan lebih banyak monumen-monumen Romawi yang kuno dan penting daripada kota-kota manapun lainnya di Spanyol (termasuk gapura kemenangan dari masa Trajanus); karena itu, "Archaeological Ensemble of Mérida" dijadikan situs Warisan Dunia.

Pemandangan[sunting | sunting sumber]

Di antara sisa-sisa monumen Romawi yang masih ada adalah Puente Romano, jembatan di atas sungai Guadiana yang masih digunakan oleh para pejalan kakip sebuah benteng penting untuk mempertahankan jembatan itu, belakangan digunakan oleh orang-orang Moor, yang dinamai Alcazaba; Kuil Diana; sisa-sisa Forum, termasuk Gapura Trajanus; sisa-sisa Circus Maximus; Acueducto de los Milagros (akuaduk); sebuah villa yang disebut Mitreo; Embalse de Proserpina dan reservoar Cornalvo; Circus, Amfiteater dan Teater Romawi tempat diadakannya festival musim panas teater Klasik, biasanya dengan versi klasi Yunani-Romawi atau drama-drama modern yang berlokasi pada zaman kuno. Orang dapat juga mengunjungi situs arkelogis Morerías dan banyak lainnya lagi di sekeliling kota, dan menyaksikan proses penggalian, serta Museo Nacional de Arte Romano.


Perkembangan demografi Mérida, Spanyol antara 1991 sampai 2004
1991 1996 2001 2004
49.284 51.830 50.271 52.200

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Koat Mérida di Venezuela, ibu kota negara bagian Mérida, dan Mérida di Yucatán, Meksiko, dinamai seturut dengan Mérida di Spanyol. Sebuah plaza di Mérida dinamai Glorieta de las Méridas del Mundo (Lingkaran Méridas dunia) mempunyai sebuah obelisk yang memperingati tiga kota kembar lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:World Heritage Sites in Spain