Legio V Alaudae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Legio quinta Alaudae (Legiun Lark Kelima) kadang disebut sebagai Gallica adalah legiun Romawi yang dibentuk oleh Julius Caesar pada 52 SM. Anggotanya berasal dari orang-orang Galia. NamaAlaudae berasal dari bagian puncak helm mereka, ciri khas Galia yang membuat mereka nampak seperti burung lark. Lambang mereka adalah gajah. Lambang ini diberikan pada tahun 46 SM karena keberanian mereka dalam melawan gajah perang pada Pertempuran Thapsus

Legiun ini merupakan legiun pertama yang terdiri dari tentara provinsi, alih-alih warga Romawi. Caesar membayar legiun ini dengan uangnya sendiri, namun legiun ini pada akhirnya diakui oleh Senat Romawi. Legiun ini bertempur dalam Perang Galia sampai tahun 49 SM, sebagai salah satu legiun paling berani yang dipimpin oleh Caesar. Mereka lalu berpindah ke Spanyol. Mereka melayani Markus Antonius dari tahun 41 SM sampai 31 SM dan kemungkinan ikut bertempur dalam Pertempuran Actium. Setelah Markus Antonius bunuh diri, legiun V Alaudae digabung ke dalam pasukan Augustus Caesar pada 30 SM.

Berikut ini adalah keterlibatan Legiun V Alaudar:

Legiun ini menderita kerugian yang besar pada Pemberontakan Batavia pada tahun 70 M.

Pada tahun 86 M, Legiun V Alaudae benar-benar musnah. Legiun ini, bersama komandannya, prefek Praetoria Cornelius Fuscus, musnah pada Pertempuran Tapae Pertama melawan Bangsa Dakia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]