Luna 14

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Luna-11 12.jpg

Luna 14 (seri E-6LS) adalah sebuah misi luar angkasa tak berawak dari program Luna yang dijalankan oleh Uni Soviet. Itu juga disebut Lunik 14.

Satelit ini diyakini telah mirip dengan Luna 12 dan instrumentasi ini mirip dengan yang dilakukan oleh Luna 10. Ini memberikan data untuk studi tentang interaksi bumi dan massa lunar, medan gravitasi bulan, propagasi dan stabilitas komunikasi radio dengan pesawat ruang angkasa pada posisi orbital yang berbeda, partikel surya bermuatan dan sinar kosmik, dan gerakan Bulan. Penerbangan ini adalah penerbangan terakhir dari generasi kedua dari seri Luna.

Luna 14 berhasil memasuki orbit lunar jam 19:25 UT pada tanggal 10 April 1968. Parameter orbital awal adalah 160 × 870 kilometer pada kemiringan 42 °. Tujuan utama dari pesawat ini adalah untuk menguji sistem komunikasi dalam mendukung proyek pendaratan dikemudikan lunar N1-L3. Pelacakan tanah dari orbit pesawat ruang angkasa juga memungkinkan controller untuk secara akurat peta anomali gravitasi bulan untuk memprediksi lintasan misi lunar masa depan, seperti orang-orang dari kendaraan pendaratan lunar LOK dan LK. Luna juga membawa 14 instrumen ilmiah untuk mempelajari sinar kosmik dan partikel bermuatan dari Matahari, meskipun beberapa rincian telah terungkap.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]