Luna 10

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Luna orbiter bus.jpg

Luna 10 (seri E-6S) adalah sebuah Program Soviet Luna 1966, misi pesawat ruang angkasa robot, juga disebut Lunik 10. Itu adalah satelit buatan pertama dari Bulan.

Instrumen ilmiah termasuk spektrometer sinar gamma untuk energi antara 0,3-3 MeV (50-500 PJ), magnetometer triaksial, detektor meteorit, instrumen untuk studi surya-plasma, dan perangkat untuk mengukur emisi inframerah dari Bulan dan kondisi radiasi lingkungan lunar. Studi gravitasi juga dilakukan.

Luna 10 melakukan penelitian yang luas di orbit bulan, mengumpulkan data penting pada kekuatan medan magnet Bulan, sabuk radiasi, dan sifat batuan lunar (yang ditemukan sebanding dengan batuan basalt terestrial), radiasi kosmik, dan kepadatan micrometeoroid. Mungkin temuan yang paling penting adalah bukti pertama dari konsentrasi massa (disebut "mascons") - daerah kepadatan tinggi di bawah cekungan mare yang mendistorsi lintasan orbit lunar. Penemuan mereka biasanya telah dikreditkan ke seri Amerika Lunar Orbiter.

Luna 10 pesawat ruang angkasa diluncurkan ke Bulan dari platform mengorbit bumi pada tanggal 31 Maret 1966. Pesawat ruang angkasa memasuki orbit bulan pada tanggal 3 April 1966 dan menyelesaikan orbit pertama 3 jam kemudian (pada tanggal 4 April, waktu Moskow). Setelah koreksi di tengah jalan pada tanggal 1 April, Luna 10, kedua dari dua buru-buru siap probe Soviet Ye-6S (yaitu, cadangan), berhasil memasuki orbit lunar dua hari kemudian pada 18:44 UT. A 245 - kilogram instrumen kompartemen terpisah dari bus utama, yang berada di orbit 350 x 1.000 kilometer dengan kemiringan 71,9 ° ke ekuator bulan.

Luna 10 adalah baterai bertenaga dan beroperasi selama 460 orbit bulan dan 219 transmisi data aktif sebelum sinyal radio dihentikan pada 30 Mei 1966.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]