Love on a Diet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Love on A Diet
Love-on-a-diet-2001-1.jpg
Sutradara Johnnie To
Wai Ka-Fai
Produser Johnnie To
Wai Ka-Fai
Penulis Wai Ka-Fai
Yau Nai-Hoi
Pemeran Andy Lau
Sammi Cheng
Musik Cacine Wong
Sinematografi Cheng Siu-Keung
Penyunting Law Wing-Cheong
Wong Wing-Ming
Studio Bendera Hong Kong One Hundred Years of Film
Bendera Hong Kong Milkyway Image
Distributor Bendera Hong Kong China Star Entertainment Group
Tanggal rilis Hong Kong: 21 Juni 2001
Negara Templat:Film
Bahasa Kanton/Jepang/Bahasa Inggris


Love on a diet adalah film Hong Kong tahun 2001 yang bergenre komedi roman. Film ini diproduksi dan disutradarai oleh Johnnie To dan Wai Ka-Fai, diperankan oleh salah satu bintang ternama di Hongkong yaitu artis senior Andy Lau dan pemeran wanitanya adalah Sammi Cheng. Film ini mempertemukan kembali Lau dan Cheng yang terakhir dipasangkan pada film "Needing You". Dan dalam memainkan film love on a diet baik aktor dan aktrisnya harus memainkan karakter obesitas dan harus memakai baju dengan ukuran yang besar dari karet dan tentu nya make up.

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Mini Mo (Sammi Cheng) adalah Penduduk Hongkong yang tinggal di Jepang. Dia menderita depresi, karena merasa memiliki harga diri yang rendah karena gangguan makan berlebihan yang di sebabkan karena ia ditinggal sang kekasih pergi belajar piano di Amerika. Mini Mo melihat hasil dirinya menderita obesitas ekstrem, lalu sebuah usaha bunuh diri yang gagal menyebabkan dia bertemu si Gendut (Andy Lau), ia juga penduduk Hongkong yang bekerja menjadi salesman di Jepang yang ternyata dirinya juga mengalami obesitas.

Mini mengikuti kemana–mana si Gendut pergi, setelah jengkel sekali dengan Mini, ia menemukan alasan di balik depresi nya tersebut bahwa Mini tidak bisa melupakan mantan pacarnya, Kurokawa yang sekarang menjadi pianis terkenal di dunia. Sepuluh tahun yang lalu, mereka berdua telah berjanji untuk bertemu di kaki Menara Tokyo pada malam putus-mereka. Mini takut Kurokawa akan terkejut dan tidak mau menerima nya. Tersentuh oleh kisahnya Mini, si Gendut berjanji untuk membantu Mini dengan keras kembali ke bentuk tubuh semula.

Setelah akhirnya mencoba untuk diet, (seperti menelan cacing pita dan berolahraga Dance Dance Revolution), Mini akhirnya dikirim oleh si Gendut ke tempat terapi diet khusus. Tapi si Gendut menemukan dananya menipis. Untuk mendapatkan cukup untuk membiayai program penurunan berat badan Mini, ia membuka sebuah pertunjukan tinju di jalanan yang caranya adalah setiap orang boleh memukul nya untuk melampiaskan frustrasi atau dendam orang – orang tersebut dan Si Gendut dibayar 500 yen untuk 2 menit. Dia selanjutnya langsung mendaftar Mini pada program penurunan berat badan yang mahal, yang terbukti sangat sukses. Mini mendapatkan kembali melihat mantan ramping dan cantik. Ia bergegas mencari Si Gendut ke tempat biasa mereka kunjungi, sampai akhirnya ia di beritahukan oleh salah satu tetangganya yang sudah tidak lagi mengenali Mini karena tubuh nya yang sudah kurus, ia memberi tahu bahwa Si Gendut sedang berjuang mencari uang dengan cara dipukuli hingga babak belur untuk membiayai Mini. Namun setelah bertemu di lokasi Mini terkejut, karena melihat kondisi fisik Si Gendut yang babak belur hingga ia hanya terdiam dan meneteskan air mata diiringi rintik – rintik hujan. Tetapi Si Gendut tertawa riang senang melihat hasil perjuangan nya membuat Mini kurus kembali, ia mengatakan bahwa ada uang ada hasil, sambil memamerkan Mini kepada teman – teman nya.

Pada malam reuni dengan Kurokawa, si Gendut menurunkan Mini di Menara Tokyo, tetapi Mini sangat tidak tenang dan takut tidak bertemu kembali dengan si Gendut, karena Si Gendut pun terlihat cuek dan tidak ada kesedihan sedikit pun di raut wajah nya padahal dalam waktu singkat mereka akan berpisah untuk waktu yang lama. Lalu sampai di tujuan tidak ada pembicaraan antara Si Gendeut dan Mini yang berarti. Sesampainya di Menara Tokyo tersebut dia bertemu dengan mantan pacar nya Kurokawa di bawah menara yang seperti dijanjikan 10 tahun yang lalu, dan pasangan ini diwawancarai oleh jaringan lokal, dan acara – acara televisi di Jepang, tetapi mini tiba – tiba menyaksikan pemberitahuan lain yang menampilkan siaran tinju si Gendut yang sedang di pukuli oleh orang – orang itu jalanan. Dia akhirnya menyadari betapa si Gendut telah mengorbankan dirinya baginya dan meneteskan air mata, lalu ia meminta maaf kepada Kurokawa dan bergegas meninggalkan nya pergi.

Beberapa bulan kemudian, mini menerbitkan buku terlaris tentang diet nya, ia sambil mencari – cari kemanakah si gendut pergi, sampai suatu saat mereka bertemu di jalan pada saat kedua nya sedang membawa kendaraan masing – masing, akhirnya Si Gendut berhenti, Mini pun berhenti dan cepat – cepat masuk ke area taman dan mencari Si Gendut, lalu akhirnya Mini berjumpa lagi dengan Si Gendut di taman membawa buku hasil karya Mini yang berjudul “Love On A Diet” mereka berciuman lalu berjanji satu sama lain untuk tidak saling meninggalkan, dan ternyata Si Gendut pun sudah berubah menjadi kurus.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Andy Lau Sebagai Si Gendut

Sammi Cheng Sebagai Mini Mo

Lam Suet Sebagai Bun Man

Rikiya Kurokawa Sebagai Kurokawa

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Film Hongkong ke-21

  • Pemenang - Original Sound Track Terbaik
  • Nominasi - Film Terbaik
  • Nominasi - Best Director (Johnnie To, Wai Ka-Fai)
  • Nominasi - Aktor Terbaik (Andy Lau)
  • Nominasi - Aktris Terbaik (Sammi Cheng)
  • Nominasi - Skenario Terbaik (Wai Ka-Fai, Yau Nai-Hoi)