Lomba makan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lomba makan adalah pertandingan makan sejumlah besar makanan dalam waktu sesingkat mungkin, biasanya kurang dari 15 menit. Jenis makanan yang digunakan biasanya makanan cepat saji (fast food) atau dessert, misalnya hot dog, pie, atau mayonnaise.

Lomba makan paling sering diadakan di AS dan Jepang. Misalnya Nathan's Hot Dog Eating Contest, lomba makan tahunan yang diadakan setiap tanggal 4 Juli sejak tahun 1916 di Coney Island. Dari 2001 sampai 2006 lomba ini dimenangkan Takeru Kobayashi, namun ia dikalahkan pada 2007 oleh Joey Chestnut.

Peserta lomba ini biasanya dinamakan "gurgitator" dan tergabung dalam International Federation of Competitive Eating (IFOCE). IFOCE memberikan hadiah sebanyak $350,000 pada 2006. Walaupun kebanyakan gurgitator adalah laki-laki, ada juga gurgitator perempuan, misalnya Sonya Thomas, Carlene LeFevre, Juliet Lee, dan Natsuko "Gal" Sone.

Budaya lomba makan direkam dalam film dokumentasi Crazy Legs Conti: Zen And The Art Of Competitive Eating, disutradarai oleh Danielle Franco dan Chris Kenneally. Selain itu stasiun televisi Channel 4 menayangkan film dokumentasi berjudul The Big Eat pada 2005. Acara televisi lomba makan banyak ditayangkan di Jepang pada tahun 1990-an namun kemudian dihentikan karena beberapa kasus mati tersedak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]