Log masuk

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Log in)

Laman log masuk Wikipedia bahasa Indonesia.

Log masuk, masuk log, gabung, atau masuk (dalam bahasa Inggris disebut login, log in, log on, logon, signon, sign on, signin, sign in, dan sebagainya) adalah proses bagi seorang pengguna untuk mengakses ke dalam suatu sistem komputer dengan memasukkan data identifikasi dan autentikasi diri.[1] Data akses kredensial pengguna bisa bermacam-macam, tetapi yang paling umum digunakan adalah:

  • pengenal akun pengguna, yang dapat berupa surel atau nomor identifikasi, tetapi paling sering berupa "nama pengguna", yaitu suatu pengenal berupa gabungan beberapa karakter unik (biasanya karakter alfanumerik) yang merujuk ke identitas pengguna tertentu; dan
  • "kata sandi", yaitu gabungan beberapa karakter yang digunakan untuk memverifikasi identitas akun pengguna, yang umumnya dijaga kerahasiaannya dengan tidak menampilkan karakter tersebut secara langsung pada layar komputer.

Kedua pasang gabungan karakter itu harus tepat dan keduanya adalah pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Untuk kasus pengaksesan situs web, situs tersebut acapkali menggunakan kuki pada komputer pengguna untuk menyimpan identitas log masuk pengguna agar pengguna tidak perlu mengulangi log masuk ketika mengakses situs yang sama.

Dalam praktiknya, sistem keamanan komputer yang lebih kompleks juga sering kali mengikutsertakan faktor autentikasi kedua untuk keamanan tambahan selain log masuk, misalnya kata sandi sekali pakai (one-time password, OTP) yang dikirimkan melalui layanan pesan singkat (SMS) atau surel, atau kode tertentu yang dihasilkan oleh aplikasi autentikator.[2]

Bentuk lain dari log masuk yang juga sering digunakan oleh sistem komputer dewasa ini adalah sistem masuk tunggal (single-sign-on, SSO) dan akses layanan pihak ketiga.

Ketika akses tidak lagi diperlukan, pengguna dapat melakukan log keluar atau keluar (dalam bahasa Inggris disebut logout, log out, log off, logoff, signoff, sign off, signout, sign out, dan sebagainya).

Referensi

  1. ^ (Indonesia) Arti kata log masuk dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. ^ kaitlin.boeckl@nist.gov (2016-06-28). "Back to basics: Multi-factor authentication (MFA)". NIST (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-06. Diakses tanggal 2021-04-06.