Lobster berbulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Kiwa hirsuta
Kiwahirsuta.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Upafilum: Crustacea
Kelas: Malacostraca
Ordo: Decapoda
Infraordo: Anomura
Famili: Kiwaidae
Genus: Kiwa
Spesies: K. hirsuta
Nama binomial
Kiwa hirsuta
Macpherson, Jones & Segonzac, 2006

Lobster berbulu atau kiwa hirsuta dikenal juga sebagai lobster Yeti adalah Crustacea yang ditutupi dengan benda yang tampak sekilas seperti bulu, tetapi sebetulnya merupakan penutup setae yang padat, seperti yang ditemukan pada kaki beberapa jenis udang. Bulu-bulu ini berfungsi sebagai filter, mendetoksifikasi air di mana mereka hidup. Lobsterini buta dan tidak berwarna dan hidup dalam kegelapan. Ditemukan di aliran hydrothermal di Lautan Pasifik. Para penyelam telah menemukan sejenis hewan bercangkang baru (crustacea) di Lautan Pasifik Selatan yang mirip kepiting. Uniknya, hewan ini memiliki lapisan serupa bulu halus berwarna pirang di capit dan kaki-kakinya.

Menurut para peneliti Prancis, hewan yang mereka sebut Kiwa hirsuta itu sangat berbeda dibanding spesies lain, sehingga mereka memasukkannya dalam golongan atau genus baru, dan keluarga baru.

Tim penyelam menemukan kepiting aneh itu di kedalaman 2.298 meter di sebuah wilayah sekitar 1.440 kilometer sebelah selatan Pulau Easter tahun lalu, demikian menurut Michel Segonzac, dari Institut Eksplorasi Laut Prancis atau IFREMER.

Temuan crustacea baru itu dijelaskan dalam journal Museum Sejarah Alam Nasional Paris edisi Selasa (7/3). Kepiting berbulu ini berwarna putih dan panjangnya sekitar 15 centimeter atau sebesar piring salad.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama kiwa hirusta diambil dari kata Hirsuta dalam bahasa Latin yang berarti rambut, dan kata kiwa diambil dari mitologi Polinesia yang berarti dewi kerang, meskipun dalam mitologi Maori kiwa berarti penjaga.[1]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Karakteristik menakjubkan yang membuat heran para peneliti adalah bulu-bulu halus yang menutupi capitnya. Temuan ini merupakan hadiah berharga dalam ekspedisi penyelaman yang diorganisir oleh Robert Vrijenhoek dari Monterey Bay Aquarium Research Institute di California.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elsdon Best (1924). "IV. Cosmogony and Anthropogeny". The Maori - Volume 1. hlm. 89–105.