Livemocha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Livemocha
URLwww.Livemocha.com
TipeLayanan jejaring sosial
Bersifat komersial?Ya
PendaftaranDiperlukan untuk semua layanan
Subjek utamapemerolehan bahasa kedua
BahasaBahasa Inggris Amerika, Bahasa Arab, Bahasa Bulgaria, Bahasa Katalan, Bahasa Kroasia, Bahasa Ceko, Bahasa Belanda, Bahasa Esperanto, Bahasa Estonia, Persia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hindi, Hongaria, Islandia, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Latvia, Lituania, Mandarin Tionghoa, Norwegia (Bokmål), Polandia, Bahasa Portugis Brasil, Portugis (Portugal), Romania, Rusia, Serbia, Slowakia, Spanyol, Swedia, Turki, Ukraina, dan Urdu
PemilikLivemocha, inc.
PembuatShirish Nadkarni, Co-Founder; Michael Schutzler, CEO
Berdiri sejak24 Sep 2007
NegaraAmerika Serikat
Total omsetdirahasiakan
StatusTidak aktif

Livemocha adalah komunitas pembelajaran bahasa online yang berbasis di Seattle, Washington. Situs ini menyediakan materi pembelajaran dalam 38 bahasa dan sebuah platform bagi para pembicara untuk berinteraksi dan saling membantu dalam mempelajari bahasa baru. Menurut situs tersebut, ada sekitar 12 juta anggota terdaftar dari 196 negara di seluruh dunia. Situs ini gratis untuk bergabung dan digunakan; namun, situs ini menawarkan opsi untuk membayar untuk mendapatkan berbagai manfaat. Pada tahun 2012, 400.000 pengguna mengunjungi situs ini setiap hari.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2007 oleh Raghav Kher, Shirish Nadkarni dan Krishnan Seshadrinathan.[2] Mereka menyusun ide untuk pendekatan berbasis web yang memanfaatkan kekuatan situs jejaring sosial untuk pembelajaran bahasa, dengan penekanan pada partisipasi aktif dan pertukaran untuk mengasah keterampilan praktis dan kefasihan percakapan.[3] Nama "Livemocha" diciptakan oleh para pendiri selama sesi brainstorming di sebuah kafe lokal, dan dimaksudkan untuk membangkitkan suasana santai di kedai kopi. Pada tanggal 8 Juni 2010, Michael Schutzler diumumkan sebagai CEO baru.[4]

Situs ini mendapat perhatian dari publikasi perdagangan dan surat kabar nasional dan internasional, termasuk New York Times[5][6] dan Financial Times.[7] Majalah Time menobatkan Livemocha sebagai salah satu dari 50 Situs Web Terbaik pada tahun 2010.[8]

Pada tanggal 2 April 2013, Rosetta Stone (perusahaan) mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi Livemocha.[9] Tak lama setelah itu, situs web Livemocha mengharuskan komputer pengguna untuk memiliki sistem operasi eksklusif Windows atau Mac OS, memblokir akses dari sistem operasi perangkat lunak bebas. Pada tanggal 8 Januari 2014, Livemocha menutup akses ke situs web lamanya.[10]

Pada tahun 2016, situs web Livemocha memposting pengumuman[11] berkata:

Kursus dasar[sunting | sunting sumber]

Livemocha didukung 38 bahasa: Inggris, Arab, Bulgaria, Katalan, Kroasia, Ceko, Belanda, Estonia, Persia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hindi, Hongaria, Islandia, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Latvia, Lituania, Mandarin Chinese, Norwegia (Bokmål), Polandia, Bahasa Portugis Brasil, Portugis (Portugal), Romania, Rusia, Serbia, Slowakia, Spanyol, Swedia, Turki, Ukraina, Urdu, dan Bahasa Esperanto, yang merupakan tambahan terbaru.

Situs ini dapat dilihat dalam 12 bahasa yang berbeda: Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, Bahasa Jerman, Bahasa Italia, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, Polandia, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Turki.

Kursus dasar gratis ditawarkan dalam semua bahasa di atas, yang terdiri dari sekitar 30-50 jam kursus. Beberapa bahasa, seperti Lituania dan Portugis Brasil, pertama kali ditambahkan ke Livemocha melalui proses "Penerjemahan Anggota": anggota yang fasih dalam dua bahasa atau lebih dapat menerjemahkan materi kursus yang sudah tersedia ke dalam bahasa ibu mereka dan mempublikasikan hasilnya di situs ini, dan pengguna lain dapat memberi nilai dan memperbaiki hasil terjemahan.

Kursus aktif[sunting | sunting sumber]

Kursus yang lebih lanjut - yang disebut "Kursus Aktif" - tersedia dalam lima bahasa: Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, Bahasa Jerman, Bahasa Italia, dan Bahasa Spanyol. Kursus-kursus ini membutuhkan biaya bulanan atau tahunan dan dimaksudkan untuk mencapai kefasihan percakapan. Alih-alih mendaftar untuk satu kursus tertentu, pengguna dapat memilih untuk membeli "Kunci Emas" yang memberikan akses tak terbatas ke konten premium atau berbayar. Kursus aktif berlangsung melalui empat tingkat kemahiran, dan mencakup latihan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.

Umpan balik rekan sejawat[sunting | sunting sumber]

Setiap peninjau mendapatkan 20 token untuk meninjau kiriman pengguna. Pengulas dapat memperoleh tambahan 10 token untuk ulasan pertama dari bagian atau percakapan. Tulisan dinilai menggunakan tiga kriteria: ejaan, kemahiran, dan tata bahasa. Berbicara dinilai menggunakan dua kriteria: pengucapan dan kemahiran. Setiap kiriman dari kursus dasar untuk tinjauan sejawat berharga 120 token.

Ulasan anggota[sunting | sunting sumber]

Latihan yang telah selesai dari kursus dasar dan aktif dapat dikirim untuk ditinjau oleh anggota lain (penutur asli atau penutur fasih), yang akan memberikan umpan balik dan tips. Anggota juga dapat membayar "Ulasan Ahli" dari guru bahasa yang telah disertifikasi oleh Livemocha seharga 120 token. Pengguna dapat menilai kualitas ulasan ini, dan memilih untuk bekerja dengan pengulas ahli tertentu. Sesi pengajaran privat, yang dilakukan melalui obrolan video dengan guru yang dipilih, juga tersedia untuk dibeli.

Anggota mendapatkan "Mochapoints" dengan menyelesaikan latihan dan mengulas kiriman orang lain. Poin ini tidak sama dengan token. Token diperoleh dengan memberi nilai pada kiriman orang lain, atau dengan membayar biaya yang ditetapkan dalam mata uang nyata untuk sejumlah token. Mochapoints adalah cara untuk melacak kemajuan seseorang dan untuk membandingkan jumlah waktu yang telah digunakan pengguna di situs web dibandingkan dengan yang lain. Seorang pengguna mendapatkan Mochapoints dengan memasukkan kiriman, menilai kiriman orang lain, mengobrol dengan pengguna lain, dll. Mochapoints tidak dapat digunakan untuk akses konten seperti halnya token.

Pembelajaran bahasa dan jejaring sosial[sunting | sunting sumber]

Livemocha menyebut dirinya sebagai komunitas pembelajaran bahasa terbesar di dunia. Dalam banyak hal, Livemocha beroperasi seperti situs jejaring sosial, dan etos dasar dari sistem ini adalah peer-to-peer: anggota yang terdaftar dapat terlibat dalam komunikasi sinkron dan asinkron, membuat profil pribadi, terhubung dengan lingkaran pertemanan, mengunggah konten (ada halaman yang didedikasikan untuk pertukaran budaya), menyumbangkan terjemahan dan membantu memperluas basis bahasa yang tersedia, serta meninjau karya anggota lain, seperti rekaman dialog dari pelajaran. Situs ini disebut sebagai "Facebook-nya bahasa asing".[12][13] dan dampak potensialnya terhadap pengajaran bahasa konvensional dibandingkan dengan Wikipedia pada ensiklopedia tradisional.[14] Salah satu pengulas situs tersebut mengamati, "Dengan kemampuannya yang tak tertandingi untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia, [Internet] mengubah cara banyak orang belajar bahasa. Masih belum ada cara untuk menghindari kerja keras melalui daftar kosakata dan aturan tata bahasa, tetapi buku, kaset, dan bahkan CD di masa lalu digantikan oleh email, obrolan video, dan jejaring sosial."[5]

Kemitraan di Brasil[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 2011, Livemocha mengumumkan kemitraan dengan perusahaan pendidikan Brasil, Abril Educação, bagian dari konglomerat media Grupo Abril, yang membeli 5,9% saham di perusahaan tersebut. Abril Educação mempromosikan Livemocha kepada konsumen dan organisasi di seluruh Brasil, dengan tujuan untuk memenuhi permintaan yang meningkat akan pendidikan bahasa dan membantu negara ini mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.[15][16] Pada bulan Januari 2011, Livemocha mengumumkan perjanjian dengan Telefônica Brasil untuk menawarkan potongan harga kepada para pelanggan Internet untuk kursus bahasa Inggris Livemocha.[17]

Perpustakaan umum[sunting | sunting sumber]

Akses ke kursus-kursus Livemocha tersedia secara gratis melalui sejumlah perpustakaan umum di AS yang berlangganan situs ini, termasuk Seattle Public Library.[18]

Finansial[sunting | sunting sumber]

Di bulan Januari 2008, Livemocha mengumumkan bahwa mereka mendapatkan pinjaman dana sebesar $6 juta dari perusahaan modal ventura, Maveron Capital.[19] Pada bulan Desember 2009, Livemocha menerima tambahan $8 juta dalam pendanaan Seri B dari modal ventura perusahaan August Capital dan Maveron Capital.[20]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Livemocha statistics". Wolfram Alpha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Maret 2012. Diakses tanggal 5 Januari 2012. 
  2. ^ Khalili, Joel (2021-10-02). "A serial entrepreneur on what makes and breaks a new business". TechRadar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-27. 
  3. ^ Schmidt, Clint (Spring 2010). "Livemocha and the Power of Social Language Learning". IH Journal of Education and Development (28). 
  4. ^ Huang, Gregory T. (8 Juni 2010). "Schutzler Joins Livemocha as New CEO". www.seattlepi.com: Hearst Newspapers. Diakses tanggal 2 April 2011. 
  5. ^ a b Wayner, Peter (28 Juli 2010). "Learning a Language from an Expert, on the Web". The New York Times. Diakses tanggal 4 January 2012. 
  6. ^ Eisenberg, Anne (17 Februari 2008). "Learning from a Native Speaker, Without Leaving Home". The New York Times. Diakses tanggal 4 Januari 2012. 
  7. ^ Hoare, Stephen (14 Maret 2011). "Communication: Students Appreciate Polyglot Approach". Financial Times. Diakses tanggal 5 Januari 2012. 
  8. ^ "50 Best Websites 2010". Time Magazine. 25 Agustus 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Agustus 2010. Diakses tanggal 5 Januari 2012. 
  9. ^ "Rosetta Stone Acquires Online Language Company Livemocha". BusinessWire. 2 April 2013. Diakses tanggal 13 April 2017. 
  10. ^ {internal email}
  11. ^ |URL where announcement appears as of 3/23/2016
  12. ^ Myers, Aaron G. (Februari 21, 2011). "Best Language Learning Resources: Livemocha". The Everyday Language Learner. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Juli 2012. Diakses tanggal 4 January 2012. 
  13. ^ Posgate, Natalie (November 9, 2011). "Learn a new language through social media, the Web, or mobile apps". The Daily Campus. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Januari 2012. Diakses tanggal 4 Januari 2012. 
  14. ^ "Livemocha Review". TopTenREVIEWS. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Juni 2012. Diakses tanggal 4 Januari 2012. 
  15. ^ Gill, Martha (9 September 2011). "Brazil: Learning Inglês by Internet". Financial Times. Diakses tanggal 4 Januari 2012. 
  16. ^ Winkler, Kirsten (5 September 2011). "Abril Educacao buys 5.9% of Livemocha—Building English Learning Platform for Brazil's Middle Class". Edukwest. Diakses tanggal 4 Januari 2012. 
  17. ^ Cook, John. "Livemocha inks marketing pact with Telefonica Brazil". TechFlash. Diakses tanggal 4 Januari 2012. 
  18. ^ Cook, John. "Livemocha opens door on language learning at Seattle Public Library". GeekWire. Diakses tanggal 4 Januari 2012. 
  19. ^ "Livemocha Secures $6 Million in Venture Capital Series A Funding Led by Maveron: Funding to Accelerate Popular Language Learning Site’s Functionality and Growth", http://www.livemocha.com/pages/pr/01152008, January 15, 2008
  20. ^ "Livemocha Bags Another $8 Million From August Capital, Maveron", http://techcrunch.com/2009/12/22/livemocha-series-b-funding/