Little Saigon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Little Saigon adalah nama yang diberikan kepada komunitas imigran Vietnam di luar negeri dan keturunannya di luar Vietnam, biasanya di Amerika Serikat. Saigon adalah nama lama ibukota bekas negara Vietnam Selatan, tempat asal sejumlah besar generasi pertama imigran Vietnam. Relatif hanya sedikit imigrasi langsung ke Amerika Serikat dari Vietnam bagian utara, meskipun hampir satu juta orang Vietnam Utara pindah ke Selatan ketika negara itu dibagi dua pada 1954 dan banyak dari warga utara ini kemudian bermigrasi dari Vietnam bagian selatan ke AS. Kurangnya imigrasi ini sebagian disebabkan oleh kenyataan bahwa Amerika Serikat telah menolak untuk menerima pengungsi dari Vietnam Utara. (Pada pertengahan 1990-an, hubungan antara AS dan Vietnam membaik di bawah Presiden Bill Clinton, meskipun banyak dari tokoh anti komunis Vietnam—banyak di antara mereka adalah veteran dari ARVN dalam Perang Vietnam—di sejumlah komunitas Little Saigon masih menentang keras hubungan diplomatik formal AS dengan Vietnam.). Kini, para imigran Vietnam yang relatif baru datang dari berbagai wilayah di seluruh Vietnam.

Pada akhir Perang Vietnam, pengungsi-pengungsi Vietnam mulai menetap di kamp-kamp pengungsi di Kamp Pendleton, California, Fort Chaffee, Arkansas, dan Pangkalan Angkatan Udara Eglin, Florida. Mereka sengaja disebar karena adanya rasa takut di pihak penyusun program pemukiman kembali di AS bahwa orang-orang Vietnam yang baru datang ini akan berkelompok dalam " ghetto-ghetto".

Little Saigon yang paling mapan dan terbesar terletak di Orange County, California, Houston, Texas, dan San José, California, meskipun enklaf-enklaf Vietnam Amerika yang lebih kecil pun telah bermunculan, termasuk distrik-distrik pandangan Vietnam yang relatif baru di San Francisco, San Diego, dan Sacramento, California serta di Orlando, Florida. Selain itu, orang-orang Vietnam Amerika yang keturunan Tionghoa telah membangun usaha-usaha mereka dan menghadirkan unsur-unsur yang khas Vietnam di kebanyakan Pecinan, sehingga terjadilah pembauran garis pemisah antara sebuah "Pecinan" dan "Little Saigon"; beberapa contohnya adalah Pecinan di Las Vegas, Boston, Massachusetts , Houston, Texas (Pecinan Bellaire) atau Honolulu, Hawaii.

Artikel ini secara khusus membahas "Little Saigon" yang ada di Amerika Serikat; untuk "Little Saigon" lainnya dan komunitas-komunitas Vietnam serupa di luar Vietnam, lihat artikel Viet Kieu.

California[sunting | sunting sumber]

Orange County[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Little Saigon yang paling tua, terbesar, dan paling terkemuka terletak di Westminster dan Garden Grove di Orange County, California; di sini warga Vietnam Amerika membentuk 30,7% dan 21,4% dari seluruh penduduknya, sesuai dengan Sensus 2000. Sementara etnis Vietnam mendominasi di kalangan populasi ini, dalam banyak hal, populasi ini juga terdiri dari sejumlah orang Tionghoa Vietnam, banyak di antaranya tiba pada gelombang pengungsian kedua pada 1980 dan memiliki sebagian besar usaha di Little Saigon saat ini. Meskipun digelari "Little Saigon," ada juga sejumlah penghuni Hispanik dan kulit putih lainnya, serta sejumlah imigran Kamboja dan Laos yang tinggal di daerah ini.


Lokasi pengambilan film di Little Saigon[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]