Linguistik terapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Linguistik terapan adalah bidang antardisiplin yang mengidentifikasi, menginvestigasi, dan menawarkan solusi bagi masalah dunia nyata yang terkait dengan bahasa. Beberapa bidang ilmu yang terkait dengannya antara lain adalah pendidikan, linguistik, psikologi, antropologi, dan sosiologi. Cabang utama ilmu ini antara lain adalah leksikografi, pragmatika, dan penerjemahan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tradisi linguistik terapan memantapkan dirinya sebagai tanggapan terhadap penyempitan fokus dalam linguistik dengan munculnya linguistik generatif di akhir 1950-an, dan selalu mempertahankan peran jawab sosial, ditunjukkan oleh minat utama dalam masalah bahasa.[1] Meski bidang linguistik terapan dimulai dari Eropa dan Amerika Serikat, bidang ini cepat berkembang dalam konteks internasional.

Linguistik terapan awalnya memperhatikan prinsip-prinsip dan praktek terhadap dasar-dasar linguistik. Pada mulanya, linguistik terapan dianggap sebagai "linguistik yang diterapkan" setidaknya dari luar bidangnya. Namun pada tahun 1960 linguistik terapan diperluas untuk mencakup penilaian bahasa, kebijakan bahasa, dan penguasaan bahasa kedua. Pada awal tahun 1970-an, linguistik terapan menjadi bidang masalah yang diarahkan daripada sekadar linguistik teoritis. Linguistik terapan juga meliputi solusi dari masalah yang berhubungan dengan bahasa di dunia nyata. Pada 1990-an, linguistik terapan telah meluas, meliputi studi kritis dan multilingualisme. Penelitian linguistik terapan dialihkan ke "penyelidikan teoritis dan empiris dari masalah dunia nyata di mana bahasa merupakan isu sentral.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alan Davies & Catherine Elder.(Eds.). 2004. Handbook of Applied Linguistics.
  2. ^ Christopher Brumfit. How applied linguistics is the same as any other science, "International Journal of Applied Linguistics", 7(1), 86-94.

.