Linda Hardy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Linda Hardy
Hardy in 2014
Lahir11 Oktober 1973 (umur 50)
Nantes, Loire-Atlantique, France
PekerjaanActress, model

Linda Hardy (lahir 11 Oktober 1973) adalah model dan aktris berkebangsaan Prancis. Hardy memenangi gelar sebagai Miss Prancis pada tahun 1992 dan mewakili negaranya untuk mengikuti kontes Miss Universe 1992 dan Miss World 1992.

Kemudian dia menjalani kariernya sebagai aktris di ranah perfilman Prancis, memulai pada tahun 1999 melalui film Recto/Verso, yang kemudian diikuti dengan perannya sebagai Charlotte dalam serial televisi H pada tahun 2000.

Secara internasional, namanya dikenal melalui peran-peran yang dimainkan sebagai perempuan berambut biru, perempuan mutan yang berubah menjadi manusia, Jill, pada film Fiksi ilmiah produksi 2004 berjudul, Immortel (dirilis di Amerika Utara dengan judul Immortal). Dalam film tersebut, suara Hardy disulihsuarakan oleh aktris Inggris (Barbara Weber-Scaff), kecuali potongan adegan yang menggunakan dialog berbahasa Prancis.

Perannya pada tahun 2006 berjudul A House Divided, yang juga dikenal dengan judul Mount of Olives. Film ini berkisah tentang Romi (Eion Bailey), seorang Yahudi Amerika yang jatuh cinta kepada Joleh (Hardy), seorang perempuan keturunan Palestina.

Dia juga berperan dalam film Le Souffleur dan Film pendek Dernière chance. Sebagai tambahan, dia tampil dalam beberapa program televisi.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Dia melahirkan anak pertamanya pada awal tahun 2010.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Mareva Georges
Miss France
1992
Diteruskan oleh:
Véronique de la Cruz