Likurgos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Likourgos dijadikan gila oleh DIionisos dan menyerang istrinya sendiri, 350-340 SM. British Museum.

Dalam mitologi Yunani, Likurgos adalah raja Edoni di Thrakia. Dia adalah putra Drias, sang "pohon ek", dan ayah dari seorang putra yang juga bernama Drias.[1] Likourgos melarang pemujaan Dionisos. Ketika dia mendengar bahwa Dionisos berada di kerajaannya, dia langsung memenjarakan para pengikut Dionisos, para Mainad. Dionisos sendiri kabur dan mencari perlindungan pada Thetis, nimfa laut. Dionisos lalu mengirim kekeringan ke Thrakia sebagai hukuman bagi Likurgos.

Selain itu Likurgos pun dijadikan gila oleh Dionisos. Dalam penglihatannya, Likourgos melihat bahwa putranya adalah batang pohon ivy, yang suci untuk Dionisos. Likurgos pun membunuh putranya, memotong telinga, hidung, dan jari-jarinya. Dionisos menyatakan bahwa kekeringan tak akan berakhir selama Likurgos tidak dihukum. Akhirnya Likourgos dihukum oleh oran-orang dengan cara tubuhnya dikoyak-koyak oleh kuda liar.

Roger Lancelyn Green, dalam Tales of the Greek Heroes, menyatakan bahwa Likourgos memotong kakinya sendiri ketika hendak memotong tanaman ivy. Dengan matinya Likourgos, Dionisos mengangkat kutukannya.

Dalam beberapa versi, hukuman Likurgos oleh Dionisos terjadi di Jaziah Arab dan bukannya di Thrakia. Drawaman tragedi Aiskhilos, dalam dramanya yang hilang, menggambarkan Likurgos sebagai peminum bir dan dengan demikian adan musuh alami bagi Dionisos sang dewa anggur.[2][3] Likurgos juga disebutkan dalam drama Antigone gubahan Sofokles, tepatnya dalam ode chorus setelah Antigone dibawa pergi.

Dalam Iliad karya Homeros, Drias bukanlah putra Likurgos, melainkan ayahnya, dan hukuman terhadap Likurgos adalah kebutaan, yang diikuti oleh kematian, yang ditimpakan oleh Zeus.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Homeros, Iliad, Buku 6.
  2. ^ Athenaios. Deipnosophistai, 447.
  3. ^ Dalby (2005), hlm. 65-71, 153.
  4. ^ Homeros, Iliad, 6.130-6.140.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Dalby, Andrew (2005). The Story of Bacchus. London: British Museum Press. ISBN 0714122556.