Lee Donghae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lee Donghae (Hangul: 이동해; hanja: 李東海) (lahir 15 Oktober 1986) yang kemudian dikenal sebagai Donghae (Hangul: 동해) adalah penyanyi, penari, rapper, penulis lagu model dan aktor dri Korea Selatan. DIa juga dikenal sebagai member dari boyband Super Junior dan sub-grupnya, Super Junior M dan Donghae&Eunhyuk.

Lee Donghae
Lahir Lee Donghae
15 Oktober 1986 (umur 27)
Bendera Korea Selatan Mokpo
Pekerjaan aktor, penyanyi
Tahun aktif 2005-sekarang
Tinggi 175 cm / 1.75 m

Karier[sunting | sunting sumber]

Pre-debut[sunting | sunting sumber]

Donghae dilahirkan di Mokpo, Jeollanam pada tanggal 15 Oktober 1986. Awalnya bercita-cita menjadi seorang atlit, Donghae kemudian memutuskan untuk menjadi penyanyi akibat dorongan ayahnya yang memang menginginkan anak laki-lakinya menjadi seorang penyanyi. Pada tahun 2001, Donghae berhasil menandatangani kontrak dengan SM Entertainment setelah memenangkan penghargaan Best Outward Appearance bersama Sungmin di ajang SM Youth Best Concert. Dibawah naungan SM Entertainment, Donghae mendapat pelatihan menyanyi, menari, dan berakting pada tahun yang sama. Ia kemudian direkrut kedalam Boyband Smile yang beranggotakan lima pemuda, bersama Leeteuk. Smile gagal di tengah jalan.

Tahun 2004, Donghae ditarik menjadi anggota Super Junior bersama sebelas trainee yang lain. Kelompok itu kemudian dikenal sebagai Super Junior05, generasi pertama Super Junior. Beberapa hari sebelum debut kelompok itu, Donghae muncul sebentar di acara There Is There Isn't di SBS.

2005-2006 : Debut Super Junior[sunting | sunting sumber]

Super Junior05 resmi memulai debutnya pada tanggal 6 November 2005 dalam program musik Popular Songs di SBS dengan membawakan single pertama mereka, TWINS (Knock Out). Pertunjukan debut mereka menarik perhatian 500 fans dan juga pemirsa dari China dan Jepang. Album pertama Super Junior05 dirilis sebulan kemudian dan berhasil menempati urutan ketiga tangga album K-pop MIAK. Dalam bulan Maret 2006, SM Entertainment mulai merekrut anggota baru untuk Super Junior generasi berikutnya. Namun rencana itu berubah ketika SM Entertainment menambahkan anggota ketigabelas bernama Kyuhyun, kemudian pembentukan generasi Super Junior masa depan dihentikan. Nama "05" dihilangkan dan nama resmi dikenal sebagai Super Junior. Pemolesan kembali kelompok ini terbukti berhasil setelah merka merilis single CD pertama berjudul U dalam pertengahan 2006. U menjadi single Super Junior paling sukses dalam tangga lagu musik Korea sampai Sorry, Sorry dirilis dalam bulan Maret 2009.

Donghae memulai debut aktingnya dalam Mystery 6, dokumenter horror Super Junior yang disiarkan di awal 2006. Dokumenter itu mengisahkan Donghae yang memiliki kemampuan melihat dan merasakan hantu. Dalam bulan Agustus 2006, Donghae tampil sebagai pemeran utama video musik untuk pertama kalinya dalam Key Of Heart. Dalam versi Korea drama video musik BoA itu, ia memerankan seorang pria yang berubah menjadi cyborg.

2007-2008 Sub-grup[sunting | sunting sumber]

Debut resmi Donghae sebagai aktor dimulai pada bulan Juli 2007, bersamaan dengan perilisan film pertama Super Junior berjudul Attack On The Pin-up Boys. Di film itu, Donghae menjadi sahabat dan teman sekelas Kim Kibum, seorang pelajar SMA yang menyelidiki serangan misterius yang dialami sejumlah murid laki-laki di berbagai sekolah. Selain itu, Donghae dan Kyuhyun muncul dan menyanyikan iklan produk pembersih wajah merk Happy Bubble bersama aktris Han Ji Min. Video musik sepenuhnya dirilis pada 19 Agustus 2009.

Di akhir 2007, Donghae ditarik menjadi anggota Super Junior-M, versi subgrup China dari Super Junior. Super Junior-M mengawali debut di China pada tanggal 8 April 2008 dalam ajang Annual Music Chart Awards kedelapan dengan merilis video musik single pertama mereka, U. Subgrup ini meluncurkan album berbahasa China pertama mereka, Me pada tanggal 2 Mei 2008. Me sukses besar dengan menempati posisi pertama di sebagian besar tangga musik China dan Thailand serta menempati urutan kedua tangga kombo G-Music di Taiwan.

2009-2011 Akting dan Oppa, Oppa[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009, Donghae bersama member Super Junior lainnya, Siwon membintangi video musik penyanyi Ariel Lin berjudul Firefly, yang dirilis di Blissful Encounter. Pada bulan Juli pada tahun yang sama, komposisi lagu pertamanya, Beautiful, dirilis di Super Show 2 Concert Album. Donghae juga bermain dalam video musik Zhang Li Yin berjudul Moving On, yang dirilis 19 Oktober 2009.

Donghae membintangi drama It's Okay, Daddy's Daughter (SBS). Dia berperan sebagai Choi Wookgi, salah satu dari tiga bersaudara dalam drama yang disiarkan pada pertengahan bulan November 2010. Donghae juga menyanyikan salah satu soundtrack dari drama tersebut yang dinyanyikan secara duet dengan Ryeowook berjudul Just Like Now. Donghae juga menggubah lagu A Short Journey bersama Eunhyuk yang disertakan dalam album keempat Super Junior berjudul Bonamana.

Donghae menyanyikan lagu dalam 2011 8th Asia Song Festival, Dreams Come True bersama Seohyun dari Girls' Generation yang dirilis tanggal 11 Oktober 2011 sebagai single digital. Keuntungan dari penjualan single tersebut disumbangkan kepada UNICEF untuk membantu anak-anak di Afrika.

Donghae juga memulai syuting di Taiwan pada bulan April hingga Juni 2011 untuk syuting drama Taiwan berjudul Skip Beat! (Extravagant Challenge) bersama rekannya Siwon dan artis Taiwan Ivy Chen. Mereka sebagai tiga karakter utama serial ini. Serial Skip Beat! adalah drama adaptasi live-action dari manga Jepang berjudul Skip Beat! karangan Yoshiki Nakamura.

Donghae berkolaborasi dengan One Way's Chance untuk mengkomposisi empat lagu, Strong Heart Logo Song, Y yang dirilis pada album kelima mereka Mr. Simple, I Wanna Love You di Super Show 3 Concert Album, dan Oppa, Oppa. Juga logo song untuk radio ShimShimTamPa.

16 Desember 2011, Donghae dan Eunhyuk merilis single digital Oppa, Oppa, yang pertama ditampilkan dalam konser Super Junior, Super Show 4. Ini menjadi kolaborasi pertama mereka. Single ini juga dirilis di Jepang dengan video musik pada 4 April 2012. Mereka juga menggelar fanmeeting, Premium Mini Live Event untuk mempromosikan single mereka pada 11 April di Shibuya-AX, Tokyo.

2012 : Comeback dengan Super Junior[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2012, Donghae menjadi peran Mr. Hedgehog, drama komedi romantis di Chanel A, Ms. Panda and Mr. Hedgehog dengan aktris Yoon Seung Ah sebagai Ms. Panda. Dalam drama tersebut, Donghae bermain sebagai Go Seunggi. Donghae juga menyanyikan soundtrack drama tersebut, Plz Don't, yang dirilis 20 Agustus. Ms. Panda and Mr. Hedgehog telah diterjemahkan dalam 29 bahasa di website Viki.

Juni 2012, Donghae bersama Super Junior kembali dengan album keenam mereka, Sexy, Free & Single untuk dirilis 4 Juli.Dalam repackaged album tersebut, berjudul Spy, Donghae ikut menulis lirik Only U bersama Leeteuk, dan Haru bersama member Urban Zakapa Kwon Soon Il.

Donghae juga menjadi part-owner untuk bisnis di Taiwan dengan sepupunya, The Grand Place, sebuah cafe waffle Belgia yang dibuka tanggal 12 Desember 2012.

2013–sekarang: Comeback dengan Super Junior-M[sunting | sunting sumber]

Pada 7 Januari 2013, Super Junior-M merilis album kedua merka, Break Down, bersama musik videonya dengan nama yang sama. Sebuah konferensi pers digelar di Beijing pada 7 Januari, dan mereka akan mempromosikan album di China.

November 2012, Peter dari Team One Sound menulis di Twitternya, bahwa Donghae dan Eunhyuk akan merilis sesuatu yang baru di 2013. 19 Juni 2013, duo itu merilis single Jepang kedua mereka, I Wanna Dance dengan B-side track, Love That I Need bersama member Super Junior-M Henry.

Donghae memulai bisnis barunya, membuka restoran Taco miliknya bernama Grill5Taco di Cheongdam-dong, Seoul, Korea Selatan yang dibuka 31 Agustus 2013.

17 Desember 2013, Donghae & Eunhyuk merilis musikvideo terbaru mereka, Still You. Donghae ikut ambil bagian dalam penulisan liriknya bersama Team One Sound. Sutradara untuk musik video ini adalah Lee Sa Kang dan syuting dilakukan pada bulan November di London, Inggris.