Lee Dong-hae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lee Donghae)

Lee Dong-hae
Dong-hae pada 2017
Nama asal이동해
LahirLee Dong-hae
15 Oktober 1986 (umur 37)
Mokpo, Jeolla Selatan, Korea Selatan
Pekerjaan
Karier musik
Genre
Instrumen
  • Vokal
  • Keyboard
  • Gitar
Tahun aktif2005–sekarang
Label
Artis terkait
Situs webdonghae.smtown.com
Nama Korea
Hangul
Hanja
Alih AksaraI Dong-hae
McCune–ReischauerYi Tonghae

Lee Dong-hae (Hangul: 이동해; Hanja: 李東海) (lahir 15 Oktober 1986), yang kemudian dikenal sebagai Donghae (Hangul: 동해), adalah seorang penyanyi, penari, rapper, penulis lagu, model, komposer, aktor, dan CEO ODE.Entertainment dari Korea Selatan. Ia dikenal sebagai salah seorang anggota dari Super Junior serta sub-grupnya: Super Junior-D&E dan Super Junior-M.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pre-debut[sunting | sunting sumber]

Dong-hae dilahirkan di Mokpo, Jeollanam pada tanggal 15 Oktober 1986. Awalnya bercita-cita menjadi seorang atlet, Dong-hae kemudian memutuskan untuk menjadi penyanyi akibat dorongan ayahnya yang memang menginginkan anak laki-lakinya menjadi seorang penyanyi. Pada tahun 2001, Dong-hae berhasil menandatangani kontrak dengan SM Entertainment setelah memenangkan penghargaan Best Outward Appearance bersama Sungmin di ajang SM Youth Best Concert. Di bawah naungan SM Entertainment, Dong-hae mendapat pelatihan menyanyi, menari, dan berakting pada tahun yang sama. Ia kemudian direkrut kedalam Boyband Smile yang beranggotakan lima pemuda, bersama Leeteuk. Smile gagal di tengah jalan.

Tahun 2004, Dong-hae ditarik menjadi anggota Super Junior bersama sebelas trainee yang lain. Kelompok itu kemudian dikenal sebagai Super Junior05, generasi pertama Super Junior. Beberapa hari sebelum debut kelompok itu, Dong-hae muncul sebentar di acara There Is There Isn't di SBS.

2005–2006: Debut Super Junior[sunting | sunting sumber]

Super Junior05 resmi memulai debutnya pada tanggal 6 November 2005 dalam program musik Popular Songs di SBS dengan membawakan single pertama mereka, TWINS (Knock Out). Pertunjukan debut mereka menarik perhatian 500 fans dan juga pemirsa dari China dan Jepang. Album pertama Super Junior05 dirilis sebulan kemudian dan berhasil menempati urutan ketiga tangga album K-pop MIAK. Dalam bulan Maret 2006, SM Entertainment mulai merekrut anggota baru untuk Super Junior generasi berikutnya. Namun rencana itu berubah ketika SM Entertainment menambahkan anggota ketigabelas bernama Kyuhyun, kemudian pembentukan generasi Super Junior masa depan dihentikan. Nama "05" dihilangkan dan nama resmi dikenal sebagai Super Junior. Pemolesan kembali kelompok ini terbukti berhasil setelah merka merilis single CD pertama berjudul U dalam pertengahan 2006. U menjadi single Super Junior paling sukses dalam tangga lagu musik Korea sampai Sorry, Sorry dirilis dalam bulan Maret 2009.

Dong-hae memulai debut aktingnya dalam Mystery 6, dokumenter horror Super Junior yang disiarkan di awal 2006. Dokumenter itu mengisahkan Dong-hae yang memiliki kemampuan melihat dan merasakan hantu. Dalam bulan Agustus 2006, Dong-hae tampil sebagai pemeran utama video musik untuk pertama kalinya dalam Key Of Heart. Dalam versi Korea drama video musik BoA itu, ia memerankan seorang pria yang berubah menjadi siborg.

2007–2008 Sub-grup[sunting | sunting sumber]

Debut resmi Dong-hae sebagai aktor dimulai pada bulan Juli 2007, bersamaan dengan perilisan film pertama Super Junior berjudul Attack On The Pin-up Boys. Di film tersebut, Dong-hae menjadi sahabat dan teman sekelas Kim Kibum, seorang pelajar SMA yang menyelidiki serangan misterius yang dialami sejumlah murid laki-laki di berbagai sekolah. Selain itu, Dong-hae dan Kyuhyun muncul dan menyanyikan iklan produk pembersih wajah merk Happy Bubble bersama aktris Han Ji Min. Video musik sepenuhnya dirilis pada 19 Agustus 2009.

Di akhir 2007, Dong-hae ditarik menjadi anggota Super Junior-M, versi subgrup China dari Super Junior. Super Junior-M mengawali debut di China pada tanggal 8 April 2008 dalam ajang Annual Music Chart Awards ke-delapan dengan merilis video musik single pertama mereka, U. Subgrup ini meluncurkan album berbahasa China pertama mereka, yaitu Me pada tanggal 2 Mei 2008. Me sukses besar dengan menempati posisi pertama di sebagian besar tangga musik China dan Thailand serta menempati urutan kedua tangga kombo G-Music di Taiwan.

2009–2011: Akting dan Oppa, Oppa[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009, Dong-hae bersama member Super Junior lainnya, Siwon membintangi video musik penyanyi Ariel Lin berjudul Firefly, yang dirilis di Blissful Encounter. Pada bulan Juli di tahun yang sama, komposisi lagu pertamanya, Beautiful, dirilis di Super Show 2 Concert Album. Dong-hae juga bermain dalam video musik Zhang Li Yin berjudul Moving On, yang dirilis 19 Oktober 2009.

Dong-hae membintangi drama It's Okay, Daddy's Daughter (SBS). Dia berperan sebagai Choi Wookgi, salah satu dari tiga bersaudara dalam drama yang disiarkan pada pertengahan bulan November 2010. Dong-hae juga menyanyikan salah satu soundtrack dari drama tersebut yang dinyanyikan secara duet dengan Ryeowook berjudul Just Like Now. Dong-hae juga menggubah lagu A Short Journey bersama Eunhyuk yang disertakan dalam album keempat Super Junior berjudul Bonamana.

Dong-hae menyanyikan lagu dalam 2011 8th Asia Song Festival, Dreams Come True bersama Seohyun dari Girls' Generation yang dirilis tanggal 11 Oktober 2011 sebagai single digital. Keuntungan dari penjualan single tersebut disumbangkan kepada UNICEF untuk membantu anak-anak di Afrika.

Dong-hae juga memulai shooting di Taiwan pada bulan April hingga Juni 2011 untuk drama Taiwan berjudul Skip Beat! (Extravagant Challenge) bersama rekannya Siwon dan artis Taiwan Ivy Chen. Mereka sebagai tiga karakter utama serial ini. Serial Skip Beat! adalah drama adaptasi live-action dari manga Jepang berjudul Skip Beat! karangan Yoshiki Nakamura.

Dong-hae berkolaborasi dengan One Way's Chance untuk mengkomposisi empat lagu, Strong Heart Logo Song, Y yang dirilis pada album kelima mereka Mr. Simple, I Wanna Love You di Super Show 3 Concert Album, dan Oppa, Oppa. Juga logo song untuk radio ShimShimTamPa.

16 Desember 2011, Dong-hae dan Eunhyuk merilis single digital Oppa, Oppa, yang pertama ditampilkan dalam konser Super Junior, Super Show 4. Ini menjadi kolaborasi pertama mereka. Single ini juga dirilis di Jepang dengan video musik pada 4 April 2012. Mereka juga menggelar fanmeeting, Premium Mini Live Event untuk mempromosikan single mereka pada 11 April di Shibuya-AX, Tokyo.

2012: Comeback dengan Super Junior[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2012, Dong-hae menjadi peran Mr. Hedgehog, drama komedi romantis di Chanel A, Ms. Panda and Mr. Hedgehog dengan aktris Yoon Seung Ah sebagai Ms. Panda. Dalam drama tersebut, Dong-hae bermain sebagai Go Seunggi. Dong-hae juga menyanyikan soundtrack drama tersebut, Plz Don't, yang dirilis 20 Agustus. Ms. Panda and Mr. Hedgehog telah diterjemahkan dalam 29 bahasa di website Viki.

Juni 2012, Dong-hae bersama Super Junior kembali dengan album keenam mereka, Sexy, Free & Single untuk dirilis 4 Juli.Dalam repackaged album tersebut, berjudul Spy, Dong-hae ikut menulis lirik Only U bersama Leeteuk, dan Haru bersama member Urban Zakapa Kwon Soon Il.

Dong-hae juga menjadi part-owner untuk bisnis di Taiwan dengan sepupunya, The Grand Place, sebuah cafe waffle Belgia yang dibuka tanggal 12 Desember 2012.

2013–sekarang: Comeback dengan Super Junior-M[sunting | sunting sumber]

Pada 7 Januari 2013, Super Junior-M merilis album kedua merka, Break Down, bersama musik videonya dengan nama yang sama. Sebuah konferensi pers digelar di Beijing pada 7 Januari, dan mereka akan mempromosikan album di China.

November 2012, Peter dari Team One Sound menulis di Twitternya, bahwa Dong-hae dan Eunhyuk akan merilis sesuatu yang baru di 2013. 19 Juni 2013, duo itu merilis single Jepang kedua mereka, I Wanna Dance dengan B-side track, Love That I Need bersama member Super Junior-M Henry.

Dong-hae memulai bisnis barunya, membuka restoran Taco miliknya bernama Grill5Taco di Cheongdam-dong, Seoul, Korea Selatan yang dibuka 31 Agustus 2013.

17 Desember 2013, Dong-hae dan Eunhyuk merilis musikvideo terbaru mereka, Still You. Dong-hae ikut ambil bagian dalam penulisan liriknya bersama Team One Sound. Sutradara untuk musik video ini adalah Lee Sa Kang dan syuting dilakukan pada bulan November di London, Inggris.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Single Album[sunting | sunting sumber]

  • Harmony (2020)

Kontribusi Soundtrack dan Single[sunting | sunting sumber]

Tahun Album Judul Artis
2007 The 2nd Asia Tour Concert Album "O" Spokes Man Donghae, Yunho
2009 Happy Bubble CF OST Happy Bubble Donghae, Kyuhyun, Han Ji-min
2010 It's Okay, Daddy's Girl OST Just Like Now Donghae, Ryeowook
Strong Heart Strong Heart Donghae, One Way's Chance
2011 Only U Only U Donghae, As One
Asian Song Festival 2011 with UNICEF Dreams Come True Donghae, Seohyun
Skip Beat! OST This is Love (這是愛) Donghae, Henry
2012 Miss Panda and Mr. Hedgehog OST Please Don't Donghae
Don't Go Donghae
2017 Perfect (Cadillac X DONGHAE) Perfect (Cadillac X DONGHAE) Donghae
2018 Top Management OST Lovelove (사랑인가봐) Donghae

Karya Sebagai Komposer[sunting | sunting sumber]

Lagu Artis Lirik Musik Album Tahun
Kredit Dengan Kredit Dengan
"I Am" Super Junior Ya Leeteuk, Eunhyuk dan Sungmin Tidak N/A Don't Don 2007
"Beautiful" Super Junior Ya N/A Tidak N/A Super Show 2 2009
"A Short Journey" Super Junior Tidak Eunhyuk Ya Bonamana (repackaged) 2010
"Strong Heart" Super Junior Ya N/A Ya N/A Strong Heart Logo Song 2010
"Just Like Now" Donghae, Ryeowook Ya N/A Ya N/A It's Okay, Daddy's Girl OST Part 3 2010
"Y" Super Junior Ya Chance Ya Chance and Super D Mr. Simple 2011
"First Love" Super Junior-D&E Ya N/A Ya Peter (Team OneSound) Oppa, Oppa 2011
"Oops" Super Junior Ya Leeteuk, Heechul, Shindong, Eunhyuk dan Misfit Tidak N/A A-CHA 2011
"Loving U" Super Junior-K.R.Y. Tidak N/A Ya D2O 2012
"HARU" Super Junior Ya Kwon Sun-il Ya Kwon Sun-il SPY 2012
"This is Love" Donghae, Henry Tidak N/A Ya Chance Skip Beat! OST 2012
"Shimshimtapa" Tidak N/A Ya N/A Shimshimtapa Logo Song 2012
"Only U" As One ft Donghae Ya N/A Ya N/A Only U 2012
"Only U" Super Junior Ya Leeteuk Ya Lee Jae-myoung SPY 2012
"Promise" Kwon Soon-il Ya N/A Ya N/A Miss Panda and Mr. Hedgehog OST 2012
"Still You" Super Junior-D&E Ya Team OneSound Ya Team OneSound The Beat Goes On (Special Edition) 2013
"Shirt" Super Junior Ya Team OneSound Ya Team OneSound Mamacita 2014
"1+1=LOVE" Super Junior-D&E Ya Team OneSound Ya Team OneSound The Beat Goes On Special Edition
Super Show 6
2014
"Wonderland" Super Junior-D&E Ya N/A Ya N/A Skeleton 2014
"Alright" Super Junior Ya Eunhyuk and Team OneSound Ya Team OneSound Devil 2015
"Don't Wake Me Up" Super Junior Ya Team OneSound Ya Team OneSound Devil 2015
"Mother" Super Junior-D&E Ya Team OneSound Ya Team OneSound The Beat Goes On 2015
"Growing Pains" Super Junior-D&E Ya Team OneSound Ya Team OneSound The Beat Goes On 2015
"One More Chance" Super Junior Ya J-dub, Eunhyuk Ya J-dub Play 2017
"Perfect"[1] Donghae Ya J-Dub Ya J-Dub Donghae x Cadillac 2017
"'Bout You" Super Junior-D&E Ya J-dub, Eunhyuk Ya Team OneSound 'Bout You 2018
"If You"[2] Super Junior-D&E Ya J-dub, HASEGAWA Ya J-dub Style 2018
"It Must Be Love" Donghae Ya J-Dub Ya J-Dub Top Management OST 2018
"Victory" Super Junior-D&E Ya J-dub Ya J-dub 'Bout You 2018
"Lost" Super Junior-D&E Ya J-dub Ya J-dub 'Bout You 2018
"Sunrise" Super Junior-D&E Ya J-dub, Eunhyuk, Ume Ya J-dub Style 2018
"Old Movie" Heechul Tidak Heechul Ya J-Dub Old Movie – Single 2019
"Danger" Super Junior-D&E Ya J-dub Ya J-dub Danger 2019
"Gloomy" Super Junior-D&E Ya J-dub Ya J-dub Danger 2019
"Ai ga oshiete kureta koto" Super Junior Tidak Natsumi Kobayashi Ya J-dub I Think U 2020
"Rock Your Body" Super Junior Ya J-dub Ya J-dub Timeless 2020
"B.A.D" Super Junior-D&E Ya J-dub Ya J-dub Bad Blood 2020
"Harmony" Donghae, BewhY Ya J-dub, BewhY Ya J-dub Harmony – Digital Single 2020

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran
2007 Attack on the Pin-Up Boys Anggota Ultra Junior dan sahabat dekat Kibum.
2011 Super Show 3 3D [3] Diri sendiri
2012 I AM. [4]
2013 Super Show 4 3D [5]
2014 The Youth aka The Rumor [6] Jung-woo
TBA You Belong Here Hyun-soo / Jung-woo

Drama Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Saluran Peran
2010-2011 It's Okay, Daddy's Girl SBS Choi Wook-gi
2011-2012 Skip Beat! FTV Shang Jie Yong / Bu Po Shang
2012 Miss Panda and Mr. Hedgehog Channel A Go Sung-ji
2014 Quiz of God - Season 4 OCN Han Shi-woo

Acara Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Saluran Peran Catatan Ref
2007 Secret Reports Super Summer Mnet Cast
2011 2011 Chuseok Special Star Ae-eungchon SBS Chuseok Special
2014 Super Junior's One Fine Day MBC Plus, MBC Music On December 31, 2014
2019 Analog Trip Youtube Premium Sebuah seri petualangan, direkam di Indonesia [7]
2020-2021 Idol Challenge: Another Class SBS MC Season 1, 2

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil
2013[8] Singapore e-Awards 2013 Most Popular Korean Actor Diri sendiri Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SM Entertainment". smentertainment.com (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal February 6, 2018. 
  2. ^ "SUPER JUNIOR DONGHAE & EUNHYUK SPECIAL SITE". SUPER JUNIOR DONGHAE & EUNHYUK SPECIAL SITE (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal February 6, 2018. 
  3. ^ "Super Junior Concert to Hit Screens in 3D". Chosun Ilbo. 10 February 2011. Diakses tanggal 27 July 2012. 
  4. ^ "Documentary Shows Top K-Pop Singers Behind the Scenes". Chosun Ilbo. 2 May 2012. Diakses tanggal 4 May 2012. 
  5. ^ "슈주 단독 콘서트 '슈퍼쇼4' 3D 영화로 재탄생". SBS. July 15, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-23. Diakses tanggal July 15, 2013. 
  6. ^ Super Junior’s Donghae to Attend the London Korean Film Festival Diarsipkan 2016-03-03 di Wayback Machine. CJ E&M enewsWorld. 3 November 2014. Retrieved 25 January 2015
  7. ^ "동방신기X슈퍼주니어, '아날로그 트립'서 추억여행..10월 공개". Naver (dalam bahasa Korea). September 11, 2019. Diakses tanggal December 9, 2019. 
  8. ^ "Singapore e-Awards 2013" Diarsipkan 2016-03-04 di Wayback Machine. Singapore e-Awards