Leah LaBelle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Leah Labelle pada tahun 2012

Leah LaBelle Vladowski (8 September 1986 – 31 Januari 2018) adalah seorang penyanyi Amerika Serikat. ia naik daun pada tahun 2004 sebagai kontestan pada musim ketiga American Idol dan lalu memasuki peringkat ke-12 pada final musim ini. Pada tahun 2007 LaBelle mulai merekam cover R&B dan musik soul untuk kanal YouTube miliknya. Video-video ini lalu mendapatkannya pekerjaan sebagai vokalis latar belakang mulai tahun 2008 dan mendapatkannya kontrak rekaman dengan Epic yang bermitra dengan I Am Other dan So So Def Recordings. LaBelle merilis sebuah sampler, tiga single, dan sebuah rekaman EP setelah meninggal.

Ia lahir di Toronto, dan besar di Seattle, Washington, Amerika Serikat. LaBelle memulai karir musiknya sebagai seorang remaja. Ketika anak-anak, ia memanggung pada kor Total Experience Gospel Choir dan musical Black Nativity. Pada tahun 2005, LaBelle kuliah di Berklee College of Music selama setahun sebelum keluar dan pindah ke Los Angeles. Saat kuliah, dia bekerja sama dengan Andreao Heard dalam sebuah demo. Maka setelah mengikuti saran dari kontak di industri musik, LaBelle merilis musiknya melalui kanal YouTube miliknya. Keri Hilson mempekerjakan LaBelle sebagai vokalis latar belakang setelah mendengarnya membawakan lagu "Energy", yang membuatnya ditanggap dan bekerja untuk artis lain dalam tur mereka.

LaBelle menandatangani kontrak rekaman setelah Pharrell Williams dan Jermaine Dupri menghubunginya. Samplernya yang berjudul "Pharrell Williams and Jermaine Dupri Present Leah LaBelle" (2012) hanya didistribusikan ke enam perusahaan rekaman. Samplernya berisikan dua single, "Sexify" dan "What Do We Got Lose?" LaBelle menerima penghargaan Soul Train Centric Award di Soul Train Music Awards 2012. Dia merilis single non-album "Lolita" pada tahun berikutnya. Pada tanggal 31 Januari 2018, LaBelle dan pacarnya Rasual Butler tewas dalam kecelakaan mobil tunggal di Los Angeles, ketika Butler, di bawah pengaruh alkohol (mengemudi dalam keadaan mabuk) dan narkoba (mengemudi dengan gangguan obat), kehilangan kendali atas mobil yang ia kemudikan. EP anumerta, Love to the Moon, dirilis pada tanggal 7 September 2018.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Acara Peran Catatan
2000–2002 Caught in the Middle[1] Dirinya
2004 American Idol[2] Dirinya (finalis) Season 3
2008 American Idol Rewind[3] Dirinya (finalis)

Referensi[sunting | sunting sumber]