Lambang perdamaian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lambang perdamaian adalah representasi atau obyek yang melambangkan perdamaian. Sepanjang sejarah, beberapa simbol telah dipergunakan sebagai lambang perdamaian, yang paling terkenal adalah merpati, ranting zaitun, dan lambang perlucutan nuklir (☮). Tanda lain yang juga sering digunakan sebagai lambang perdamaian antara lain adalah membentuk tanda V (V sign), yang menyatakan victory (bahasa Inggris yang artinya "kemenangan").

Simbol merpati dan zaitun[sunting | sunting sumber]

Merpati dan zaitun, dua simbol perdamaian yang sering digunakan

Dalam agama Abrahamik (Yahudi, Kristen, Islam), burung merpati putih dan daun zaitun sering digunakan sebagai simbol perdamaian. Contoh kisah yang menggunakan lambang ini adalah Nuh dan air bah, serta kisah pembaptisan Yesus

Lambang pelucutan nuklir[sunting | sunting sumber]

Peace symbol.svg
Semaphore 'N'
Semaphore 'D'

Simbol ☮ pada mulanya digunakan sebagai simbol pelucutan senjata nuklir oleh gerakan anti-perang. Didesain oleh Gerald Holtom pada 21 Februari 1958, simbol ini merupakan kombinasi semafor (signal bendera) untuk huruf N dan D, yang merupakan singkatan dalam bahasa Inggris untuk "Nuclear Disarmament" atau "pelucutan senjata nuklir". Semafor untuk huruf N adalah dua bendera dalam posisi V terbalik, sedangkan tanda untuk huruf D adalah garis vertikal yang dibentuk oleh dua bendera.

Simbol V[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]