Lambang Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang negara Australia

Lambang negara Australia (secara resmi disebut Commonwealth Coat of Arms atau Lambang Persemakmuran) adalah simbol resmi Australia. Bentuk awal lambang ini direstui oleh Raja Edward VII dari Britania Raya pada tanggal 7 Mei 1908, versi saat ini direstui penggunaannya oleh Raja George V pada tanggal 19 September 1912, meskipun versi 1908 dalam konteks tertentu masih digunakan.

Rancangan[sunting | sunting sumber]

Perisai adalah bagian terpenting lambang ini yang didalamnya memuat berbagai eblem negara bagian Australia. Separuh bagian atas,dari kiri ke kanan, melambangkan negara bagian: New South Wales, Victoria, dan Queensland. Separuh bagian bawah, dari kiri ke kanan: Australia Selatan, Australia Barat, dan Tasmania. Di atas perisa adalah 'Bintang Persemakmuran' atau 'Bintang Federasi' bersudut tujuh di atas lingkaran biru-emas yang dilihat dari sisi. Enam sudut bintang melambangkan enam negara bagian awal, sementara sudut ketujuh melambangkan gabungan seluruh negara bagian dan negara Australia berdaulat di masa depan. Seluruh lambang ini melambangkan Federasi Australia.

Kangguru merah dan burung Emu menopang perisai adalah lambang satwa Australia meskipun tidak secara resmi. Lambang fauna ini dipilih karena keduanya merupakan satwa asli benua Australia. Di latar belakang terdapat rangkaian tanaman Wattle emas, lambang flora resmi Australia, meskipun perwujudan spesies tanaman ini secara botani tidak akurat.[1] Di bagian dasar lambang terdapat pita bertuliskan nama negara Australia. Baik rangkaian tanaman maupun pita bukanlah bagian lambang resmi yang direstui penggunaannya oleh Kerajaan Britania Raya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Australian National Botanic Gardens. 2003. Armorial bearings to the Commonwealth of Australia

Pranala luar[sunting | sunting sumber]