Labu mentega

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Labu mentega
Labu mentega matang

Labu mentega ( Cucurbita moschata ), dikenal di Australia dan Selandia Baru sebagai labu butternut atau gramma, [1] adalah sejenis labu musim dingin yang tumbuh secara menjalar. Rasanya manis dan pedas mirip dengan waluh. Kulitnya berwarna kuning kecokelatan dan daging buahnya berwarna oranye dengan sekotak biji di ujung bunganya. Saat matang, warnanya makin oranye tua, dan menjadi lebih manis dan kaya. Ini merupakan sumber serat, vitamin C, magnesium, dan potasium yang baik; dan itu adalah sumber vitamin A.

Meskipun secara botani merupakan buah (khususnya buah beri), labu mentega digunakan secara kuliner sebagai sayuran yang dapat dipanggang, ditumis, dipanggang, dihaluskan untuk sup seperti sup labu, atau dihaluskan untuk digunakan dalam casserole, roti, muffin, dan pai. Ini adalah bagian dari keluarga squash yang sama dengan ponca, waltham, labu, dan calabaza .[2]

Labu mentega
Persen AKG berdasarkan rekomendasi Amerika Serikat untuk orang dewasa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum kedatangan orang Eropa, C. moschata telah tersebar ke seluruh wilayah Amerika Utara di mana tanaman ini dapat ditanam, [3] tetapi labu mentega adalah varietas labu musim dingin yang modern. Ini dikembangkan oleh Charles Leggett dari Stow, Massachusetts, pada tahun 1944 yang menyilangkan varietas labu dan labu angsa. [4]

Atribut[sunting | sunting sumber]

Labu mentega dapat disimpan selama dua hingga tiga bulan. Beberapa varietas dapat bertahan hingga enam bulan. Mereka paling baik disimpan pada 10 °C (50 °F) dengan kelembapan 50 persen. [5] Untuk mendapatkan rasa terbaik, labu mentega harus dibiarkan mengering selama 2 bulan setelah panen.[6]

Nutrisi[sunting | sunting sumber]

Kegunaan kuliner[sunting | sunting sumber]

Salah satu cara paling umum untuk menyiapkan butternut squash adalah dengan memanggangnya . Setelah dipanggang, bisa dimakan dengan berbagai cara.[7] Buahnya dibuat dengan membuang kulit, tangkai, dan bijinya, yang biasanya tidak dimakan atau dimasak.[8] Namun bijinya bisa dimakan, baik mentah atau dipanggang, dan kulitnya juga bisa dimakan dan melunak saat dipanggang. Bijinya bahkan bisa dipanggang dan diperas menjadi minyak untuk menghasilkan minyak biji butternut squash. Minyak ini bisa digunakan untuk memanggang, memasak, membuat popcorn, atau sebagai saus salad.[9]

Di Australia, labu ini dianggap sebagai labu, dan digunakan secara bergantian dengan jenis labu lainnya. [10]

Di Afrika Selatan, labu mentega umumnya digunakan dan sering diolah sebagai sup atau dipanggang utuh. Labu mentega panggang biasanya dibumbui dengan pala dan kayu manis atau diisi (misalnya bayam dan feta) sebelum dibungkus dengan kertas timah dan dipanggang. Labu mentega panggang sering disajikan sebagai lauk braais ( barbeque ) dan sup sebagai hidangan pembuka .

Labu mentega diperkenalkan secara komersial di Selandia Baru pada tahun 1950-an oleh saudara Arthur dan David Harrison, pekerja pembibitan, dan tukang kebun pasar Otaki.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Commercial production of pumpkins and grammas". Department of Agriculture and Fisheries. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 August 2016. Diakses tanggal 29 June 2016. 
  2. ^ GourmetSleuth. "Butternut Squash". Gourmet Sleuth (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 November 2022. Diakses tanggal 2020-03-29. 
  3. ^ Victor E. Boswell and Else Bostelmann. "Our Vegetable Travelers." The National Geographic Magazine. 96.2: August 1949.
  4. ^ Spitza, Ashleigh; Sentinel, Milwaukee Journal (2017-11-08). "Butternut squash a brilliant choice for color and nutrition". Milwaukee Journal Sentinel. Diakses tanggal 2022-03-12. 
  5. ^ Munro, Derek B.; Small, Ernest (1997). Vegetables of Canada. NRC Research Press. hlm. 179. ISBN 9780660195032. Diakses tanggal 2 February 2020. 
  6. ^ "Curing & Storage Chart for Winter Squash | Johnny's Selected Seeds". johnnyseeds.com. Diakses tanggal 2020-09-18. 
  7. ^ "Butternut Squash". Traditional-Foods.com. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 January 2012. Diakses tanggal 7 January 2012. 
  8. ^ "Butternut Squash". Veg Box Recipes. 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 September 2013. Diakses tanggal 15 September 2013. 
  9. ^ Bilow, Rochelle. "Butternut Squash Seed Oil Is Exactly What Your Pantry Has Been Missing". Bon Appétit (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-15. 
  10. ^ "The strange history of the butternut". Farmer's Weekly (dalam bahasa Inggris). 2013-09-21. Diakses tanggal 2020-03-29.