Léon Heuzey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Heuzey (skt.1883)

Léon Heuzey (1 Desember 1831, Rouen – 8 Februari 1922, Paris) merupakan seorang arkeolog dan sejarawan terkemuka asal Prancis.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1855 Heuzey pergi ke Yunani sebagai anggota École française d'Athènes, dan selama dua tahun berikutnya melakukan perjalanan secara ekstensif di Makedonia dan Akarnania. Catatan yang dia simpan dari perjalanannya, "Le Mont Olympe et l'Acarnanie", diterbitkan di Paris pada tahun 1860. Pada ekspedisi ini dia menyadari pentingnya situs Vergina saat ini. Dia mulai penggalian di sana pada tahun 1861, kemudian memperluas usaha arkeologinya ke Filipi, Makedonia barat, Illiria dan Thessalia.

Dia menemukan banyak situs yang sangat penting. Pada tahun 1855 dan 1861 ia menjelajahi Dion, yang terletak di kaki Gunung Olimpus.[1] Dekat dengan Dion ia mendeteksi tempat di mana Leivithra kuno berada. Di Thessalia, ia menemukan prasasti Pharsalos.[2] Pada tahun 1893 ia menemukan situs Delphi, yang menyebabkan penggalian dan apresiasi dari maknanya.

Dia juga seorang ahli kostum bersejarah dari Yunani Kuno, Bizantium, Mesir dan era Romawi dan penulis Histoire du costume antique d'après des études sur le modèle vivant.[3] Satu lagi dari buku-bukunya adalah Mythes chaldéens.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ancient Economies of the Northern Aegean: Fifth to First Centuries BC by Zosia Halina Archibald
  2. ^ Musée du Louvre.. (1989). The Louvre, 7 Faces of a Museum. Paris: Ministère de la culture et de la communication, Editions de la Réunion des musée.
  3. ^ Histoire du costume antique d'après des études sur le modèle vivant Google Books

Pranala luar[sunting | sunting sumber]