Kushok Bakula Rinpoche ke-19

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yang MuliaKushok Bakula Rinpoche ke-19
Lahir 21 Mei 1917
Meninggal 4 November 2003 (umur 86)

19th Kushok Bakula Rinpoche (lahir 21 Mei 1917 – meninggal 4 November 2003 pada umur 86 tahun) adalah reinkarnasi dari Kushok Bakula Rinpoche. Dia adalah salah satu dari para lama yang paling terkenal dari Ladakh, seorang negarawan dan diplomat internasional Republik India. Dia dikenal karena usahanya dalam menghidupkan kembali agama Buddha di Mongolia dan Rusia, menghubungkan mereka dengan komunitas warga Tibet di pengasingan di India.

Sebagai keturunan keluarga kerajaan Ladakh, ia diberikan kepada rahib pada usia dini. Dia diakui oleh Dalai Lama Ketigabelas sebagai reinkarnasi dari Bakula Arhat, salah satu Enam belas Arahat (murid langsung Buddha Gautama).

Kemudian ia menjabat sebagai anggota parlemen di Parlemen India, dan sangat terlibat dengan kesejahteraan, pendidikan dan hak-hak kasta yang terdaftar dan Suku dari India. Beberap tahun kemudian, ia menjadi Duta Besar India untuk Mongolia.

Pada tahun 2005, Bandar Udara Leh diubah namanya menjadi Bandar Udara Kushok Bakula.

Literatur[sunting | sunting sumber]

  • Nawang Tsering Shakspo and Henry M. Vyner, M.D. (2006): Kushok Bakula Rinpoche - Saint and Statesman, World Buddhist Culture Trust, New Delhi

Referensi[sunting | sunting sumber]