Kusbini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Koesbini
Lahir 1 Januari 1910
Bendera Indonesia Mojokerto, Indonesia
Meninggal 28 Februari 1991 (umur 81)
Yogyakarta
Pekerjaan Musisi

Kusbini (lahir di Mojokerto, Jawa Timur, 1 Januari 1910 – meninggal di Yogyakarta, 28 Februari 1991 pada umur 81 tahun) |adalah tokoh musik kroncong era 1930 - 1955 yang legendaris, bersama Annie Landouw, Gesang, S. Abdoellah, Miss Roekiah, dll.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kusbini adalah tokoh musik kroncong era 1930-1955 yang legendaris, bersama Annie Landouw, Gesang, S. Abdoellah, Miss Roekiah. Kusbini, memulai kariernya bersama Jong Indisce Stryken Tokkel Orkest (Jitso), sebuah kumpulan musik keroncong di Surabaya.

Kusbini mengikuti pendidikan musik Apollo di Malang. Karena tidak puas dengan pengetahuan musik yang didapatnya secara otodidak, Sambil belajar, Kusbini tampil sebagai penyanyi keroncong dan pemain biola pada siaran Nirom dan Cirvo di Surabaya. Kusbini mendapat julukan ‘buaya keroncong’.

Kusbini berhasil menciptakan lagu Bagimu Negeri, lagu fenomenal yang tetap dikumandangkan hingga saat ini karena lagunya sanggup membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air Indonesia. Kusbini pejuang kemerdekaan yang berjuang lewat karya lagu.

Lirik lagu Bagimu Negeri, Entah disengaja oleh sang komponis atau rahmat Allah, lagu ini terdiri atas 8 kata yang diulang sebagian dan seluruhnya sebanyak 17 kata. Pembaca punya inspirasi positif bagi negeri Indonesia tentang angka 8 dan 17. Lagunya "Bagimu Negeri" merupakan lagu wajib perjuangan. Tahun 1950 ia kemudian bekerja di P&K Yogyakarta untuk urusan musik. Ia juga merupakan tokoh pendiri SMINDO 1954 (Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta milik Pemerintah yang kemudian menjadi AMI dan ISI Yogyakarta). Selain itu, ia mendirikan SOSI (Sekolah Olah Seni Indonesia) yang sekarang diasuh dan diteruskan oleh anak-anaknya.

Pemilihan Bintang Radio[sunting | sunting sumber]

Pada tahun sekitar 1952 - 1956, pihak RRI (Radio Republik Indonesia) menyelenggarkan Pemilihan Bintang Radio dan juga Lagu Keroncong, ia memenangkan pemilihan lagu keroncong, yaitu Kr. Pastoral.

Akhir Hayat[sunting | sunting sumber]

Kusbini ber-Istri-kan Ny. Ngadiyem serta dianugerahi 11 anak. Nama Putra dan Putri : Eka Ksvara, Dwi Ksvara, Tri Ksvara, Catur Ksvara, Titi Panca Ksvara, Titi Sad Ksvara, Sapta Ksvara, Titi Asta Ksvara, Nowo Ksvara, Dasa Ksvara, Titi Asih Ksvara.

Tepat tanggal, 28 Februari 1991, pada umur 81 tahun Kusbini wafat di kediamannya yang sederhana di Pengok, Yogyakarta dan dikebumikan dengan iringan musik lagu Perdamaian yang diciptakannya sendiri. Tidak banyak yang tahu tentang beliau terutama jasa beliau sebagai tokoh musik di Indonesia. Namun setelah ia meninggal dunia Pemda Yogyakarta memberi nama Jl. Jetishardjo menjadi Jl. Kusbini. TV Yogyakarta baru-baru ini membuat Film pendek mengenai riwayat hidup beliau.

Tahun 2011, Kusbini mendapat penganugerahan gelar maestro dibidang seni musik dipilih Taman Budaya Yogyakarta dalam rangka memberikaan penghargaan terhadap tokoh seniman di Yogyakarta, yang telah bjasa menjaga dan melestarikan seni dan budaya, baik itu lokal, nasional, dan internasional

Lirik lagu Bagimu Negeri[sunting | sunting sumber]

Bagimu Negeri adalah lagu Indonesia yang ditulis oleh Raden Kusbini. Bapak Presiden Joko Widodo Selain Televisi Republik Indonesia, stasiun televisi Rajawali Corpora (Rajawali Televisi), Trans Media (Trans TV, Trans 7 & CNN Indonesia), MNC TV, ESA TV Buton (masih rencana), ESA TV Medan, NET., TV1d Tulang Bawang (masih rencana), tvOne, Jaya TV Jayapura, Top TV Network, Indosiar, Elshinta Media (Elshinta TV), Banten TV & Garuda Vision TV Bandung memainkan lagu ini sebagai lagu penutup di akhir siaran harus dikasih ingat.

Lagu Pertama[sunting | sunting sumber]

Song[sunting | sunting sumber]

Padamu Negeri Kami Berjanji
Padamu Negeri Kami Berbakti

Refrain[sunting | sunting sumber]

Padamu Negeri Kami Mengabdi
Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami

Lagu Terakhir[sunting | sunting sumber]

Song[sunting | sunting sumber]

Padamu Negeri Kami Berjanji
Padamu Negeri Kami Berbakti

Refrain[sunting | sunting sumber]

Padamu Negeri Kami Mengabdi
Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami

Pranala luar[sunting | sunting sumber]