Kunikey Koilek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kunikey Koilek adalah pakaian tradisional wanita Kazakhstan berupa gaun dengan rok dan lengan baju berukuran panjang. Pakaian ini telah ada dari masa Kazakhs-Khanate pada abad ke-15 hingga 19 dan bisa ditemukan di The National State Museum of Kazakhstan.

Kunikey biasa dikenakan oleh wanita yang masih lajang atau belum menikah. Dalam Bahasa Kazakhstan, kunikey berarti sinar matahari. Hal itu dikarenakan pakaian tradisional ini selalu dibuat dari kain warna-warni mirip dengan bias cahaya matahari.[1]

Kunikey dihiasi dengan berbagai manik-manik beraneka warna dan ornamen khas Kazakhstan. Dekorasi yang ada di pinggiran kerah pada kunikey dibuat untuk memperlihatkan lengkungan leher yang halus. Adapun durasi berapa lama waktu pembuatan satu buah pakaian tradisional ini memakan waktu sekitar 3 hingga 7 hari. Dari berbagai daerah di Kazakhstan, Kota Turkistan merupakan salah satu daerah penghasil kunikey koilek[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kazakhstan Traditional Costumes and Clothing - Garments, Dress, Headgear, Footwear". www.bukhara-carpets.com. Diakses tanggal 2017-10-09. 
  2. ^ Larasati, Kiki (2017-06-19). "Rona Budaya Muslim Kazakhstan: Dari Fashion hingga Cara Minum Teh". detikcom. Diakses tanggal 2017-10-09.