Koptik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kristen Koptik)
Langsung ke: navigasi, cari

Koptik adalah nama golongan orang Mesir Kristen yang umumnya ditandai dengan penggunaan bahasa Koptik: ⲟⲩⲢⲉⲙ̀ⲛⲭⲏⲙⲓ ̀ⲛ̀Ⲭⲣⲏⲥⲧⲓ̀ⲁⲛⲟⲥ ou.Remenkīmi en.Ekhristianos; Arab Mesir: اقباط, IPA: [ɑʔˈbɑːtˤ]), suatu kelompok etnoreligius yang besar di Mesir dan merupakan kelompok beragama Kristen terbesar di sana. Kristen merupakan agama utama pada abad ke-4 dan ke-6 hingga Penaklukan Muslim di Mesir[1] dan terus menjadi kepercayaan dari sejumlah besar penduduk monoritas. Dalam sejarahnya mereka menuturkan bahasa Koptik, turunan langsung dari bahasa Mesir Demotik yang dituturkan pada masa Romawi, namun kini bahasa tersebut nyaris punah dan penggunaannya terbatas pada urusan peribadatan sebagai bahasa liturgis. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka kini menuturkan bahasa Arab.

Orang Koptik di Mesir merupakan komunitas Kristen terbesar di Timur Tengah, sekaligus menjadi minoritas keagamaan terbesar di daerah tersebut, dengan perkiraaan presentasi mencapai 10% dari seluruh penduduk Mesir.[2] Sebagian besar orang Koptik mengikuti Gereja Ortodoks Koptik Iskandariyah.[3][4][5] Sisanya yang berjumlah sekitar 800,000 orang[6] terbagi antara Gereja Katolik Koptik dan beragam gereja Protestan Koptik.

Penganiayaan dan diskriminasi di Mesir[sunting | sunting sumber]

Sebagai minoritas keagamaan, orang Koptik seringkali menjadi korban penganiayaan akibat diskriminasi di Mesir modern, dan juga menjadi sasaran terorisme oleh kelompok extremis Islam militan. Marginalisasi oleh pemerintah meningkat sejak kudeta tahun 1952 oleh Gamal Abdel Nasser. Sampai sekarang, orang Kristen Koptik diharuskan memperoleh izin presiden untuk perbaikan gereja, bagaimana pun kecilnya. Meskipun aturan ini diperlukan pada tahun 2005 dengan menyerahkan otoritas izin kepada para gubernur, kaum Koptik tetap menghadapi banyak halangan dan batas untuk mendirikan gereja-gereja baru. Batasan-batasan ini tidak ada untuk pembangunan mesjid.[7][8]

Masyarakat Koptik menjadi sasaran kriminal kebencian dan serangan jasmani. Salah satu serangan besar adalah peristiwa El Kosheh tahun 2000-2001, di mana terjadi kerusuhan yang berawal dari perselisihan seorang Muslim dan seorang Kristen dengan akibat "Dua puluh orang Kristen dan satu orang Muslim terbunuh setelah kekerasan pecah di kota el-Kosheh, 440 kilometer (270 mil) selatan Kairo".[9] International Christian Concern melaporkan bahwa pada bulan Februari 2001, Muslim membakar sebuah gereja Mesir baru dan rumah-rumah 35 orang Kristen, dan bahwa pada bulan April 2001 seorang gadis Kristen berusia 14 tahun diculik karena orang tuanya dipercayai menyembunyikan seorang yang pindah agama dari Islam ke Kristen.[10]

Pada tahun 2006, seseorang menyerang tiga gereja di Aleksandria, membunuh satu orang dan melukai 5–16 orang lainnya.[11] Penyerangnya tidak berhubungan dengan organisasi apapun dan digambarkan oleh Menteri Dalam Negeri adalah orang yang mengalami "gangguan kejiwaan".[12] Pada bulan Mei 2010, The Wall Street Journal melaporkan peningkatan "gelombang serangan massa" oleh orang Muslim terhadap orang Koptik, yang memaksa banyak orang Kristen lari dari rumah-rumah mereka.[13] Meskipun ditelepon berkali-kali, polisi biasanya datang setelah kekerasan sudah selesai.[13] Para polisi juga memaksa orang-orang Koptik untuk menerima "rekonkiliasi" dengan para penyerang mereka untuk menghindari dakwaan, dan tidak ada orang Muslim yang dituntut untuk serangan apapun.[13] Di Marsa Matrouh, massa berjumlah 3.000 Muslim menyerang penduduk kota yang tergolong Koptik, sehingga 400 orang Koptik memasang barikade di gereja-gereja sementara massa menghancurkan 18 rumah, 23 toko-toko dan 16 mobil.[13]

Pada bulan Agustus 2013, sejumlah gereja Koptik diserang, paling sedikit 9 di antaranya dibakar, oleh orang Islam Sunni.[14] [15]

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Tulisan Koptik dan Arab di sebuah gereja Kairo Kuno.

Templat:Contains Coptic text

Bahasa Koptik merupakan perubahan fase terakhir dari bahasa Mesir. Bahasa ini lebih tepat digunakan untuk merujuk kepada tulisan-tulisan daripada bahasanya sendiri. Meskipun tulisan ini mulai dipakai sejak abad ke-1 SM, secara formal dipakai untuk menulis bahasa Mesir sejak abad ke-1 M sampai sekarang.[16] Bahasa Koptik tetap menjadi bahasa percakapan semua orang Mesir sampai lambat laun digantikan oleh dialek Masri (bahasa percakapan Arab Mesir) sekitar abad ke-17, meskipun masih bertahan di kantong-kantong penduduk terisolasi lebih lama.

Salib Ortodoks Koptik (Coptic Orthodox Cross) dengan tulisan tradisional Koptik: 'Yesus Kristus, Putra Allah'

Sekarang, bahasa Koptik merupakan bahasa ibu dari hanya sekitar 300 orang Koptik di seluruh dunia. Juga merupakan bahasa liturgi Gereja Ortodoks Koptik dan Gereja Katolik Koptik. Diajarkan di seluruh dunia oleh banyak institusi terkenal, tetapi pengajaran di dalam Mesir sendiri tetap dibatasi.

Dialek-dialek bahasa Koptik:

Kalender Koptik[sunting | sunting sumber]

Kalender Koptik, juga disebut Kalender Aleksandria, digunakan oleh Gereja Ortodoks Koptik dan juga di [Ethiopia]] sebagai kalender resmi (dengan nama-nama berbeda). Kalender ini berdasarkan kalender Mesir kuno. Untuk menghindari perubahan tahunan kalender, sebuah reformasi kalender Mesir kuno mulai diperkenalkan pada zaman Ptolemaios III Eugertes (Decree of Canopus, pada tahun 238 SM) yang terdiri dari interkalasi sebuah hari epagonemal ke-6 setiap empat tahun. Namun, reformasi ini ditentang oleh para imam Mesir, dan idenya tidak dipakai sampai tahun 25 SM, ketika Kaisar Romawi Augustus secara resmi mereformasi kalender di Mesir, membuatnya sinkron selamanya dengan kalender Julian yang baru diperkenalkan. Untuk membedakannya dengan kalender Mesir kuno, yang masih dipakai oleh para astronomer sampai abad pertengahan, kalender yang telah direformasi ini dikenal sebagai "Kalender Koptik". Tahun-tahun dan bulan-bulannya bersamaan dengan Kalender Etiopia meskipun nama-namanya berbeda.

Tahun Koptik[sunting | sunting sumber]

Tahun Koptik merupakan kepanjangan tahun sipil Mesir kuno, dengan tetap memelihara subdivisi menjadi tiga musim, masing-masing empat bulan. Tiga musim ini diperingati dengan doa-doa khusus dalam liturgi Koptik. Kalender ini masih dipakai di seluruh Mesir oleh para petani untuk melacak berbagai musim agrikultural. Kalender Koptik dalam setahun terdiri dari 13 bulan, di mana 12 bulan masing-masing terdiri 30 hari dan satu bulan interkalari di akhir tahun sepanjang 5-6 hari, tergantung apakah tahun ini kabisat atau biasa. Tahun Koptik dimulai pada tanggal 29 Agustus pada Kalender Julian atau pada tanggal 30 Agustus pada tahun sebelum tahun kabisat pada Kalender Julian. Tahun Kabisat Koptik mengikuti aturan yang sama dengan Kalender Julian, sehingga bulan tambahan selalu mempunyai 6 hari pada setiap tahun sebelum tahun kabisat di Kalender Julian.

Perayaan hari Neyrouz menandai tahun baru Koptik. Karena tidak memahami banyak bahasa Mesir, orang-orang Arap merancukan perayaan tahun baru Mesir, yang oleh orang Mesir disebut perayaan Ni-Yarouou ("perayaan sungai-sungai") dengan perayaan Persia Nowruz.[17] Kesalahan penamaan ini masih berlanjut samapi sekarang dan perayaan tahun baru Mesir pada hari pertama bulan Thout dikenal sebagai "Neyrouz". Perayaannya jatuh pada tanggal 1 bulan Thout, yaitu bulan pertama dalam kalender Mesir. Tanggal ini pada tahun 1901 sampai 2098 M biasanya jatuh pada tanggal 11 September, kecuali sebelum tahun kabisat Gregorian, yaitu pada tanggal 12 September. Tahun-tahun Koptik dihitung sejak tahun 284 M, yaitu tahun Diocletian menjadi Kaisar Romawi, di mana pemerintahannya ditandai dengan penganiayaan dan pembunuhan massal orang-orang Kristen, terutama di Mesir. Karenanya, tahun Koptik diidentifikasi dengan singkatan "A.M." (untuk Anno Martyrum atau "Tahun Martir" atau "Tahun Syahid"). Singkatan "A.M." juga digunakan untuk tahun Yahudi (Anno Mundi), tetapi kedua tahun ini tidak berhubungan.

Setiap tahun keempat pada kalender Koptik adalah tahun kabisat "tanpa perkecualian", sebagaimana pada Kalender Julian, sehingga tanggal-tanggal yang disebut di atas hanya berlaku antara tahun 1900 dan 2099 M hanya pada Kalender Gregorian. Pada kalender Julian, tahun baru selalu pada tanggal 29 Agustus, kecuali setahun sebelum tahun kabisat Julian, yaitu pada tanggal 30 Agustus. Paskah juga dihitung dalam Kalender Julian dengan cara sistem Kalender Kuno.

Untuk memperoleh angka tahun Koptik, kurangi angka tahun Julian dengan 283 (sebelum tahun baru Julian) atau 284 (setelahnya).[18]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ibrahim, Youssef M. (April 18, 1998). "U.S. Bill Has Egypt's Copts Squirming". The New York Times. Diakses 2008-10-08. 
  2. ^ Cole, Ethan (July 8, 2008). "Egypt's Christian-Muslim Gap Growing Bigger". The Christian Post. Diakses 2008-10-02. 
  3. ^ "Egypt from "U.S. Department of State/Bureau of Near Eastern Affairs"". United States Department of State. September 30, 2008. 
  4. ^ "Egypt from "Foreign and Commonwealth Office"". Foreign and Commonwealth Office -UK Ministry of Foreign Affairs. August 15, 2008. 
  5. ^ Who are the Christians in the Middle East?. Betty Jane Bailey. June 18, 2009. ISBN 978-0-8028-1020-5. 
  6. ^ "Egypt Religions & Peoples from "LOOKLEX Encyclopedia"". LookLex Ltd. September 30, 2008. 
  7. ^ WorldWide Religious News. Church Building Regulations Eased. December 13, 2005.
  8. ^ Compass Direct News. Church Building Regulations Eased. December 13, 2005.
  9. ^ "Egyptian court orders clashes retrial". BBC News. July 30, 2001. 
  10. ^ "Copts Under Fire". The Free Lance-Star. November 23, 2002. Diakses June 10, 2011. 
  11. ^ Miles, Hugh (April 15, 2006). "Coptic Christians attacked in churches". London: The Telegraph. Diakses 2008-10-07. 
  12. ^ BBC. Egypt church attacks spark anger, April 15, 2006.
  13. ^ a b c d Zaki, Moheb (May 18, 2010). "Egypt's Persecuted Christians". The Wall Street Journal. Diakses June 4, 2010. 
  14. ^ Chulov, Martin (Aug 15, 2013). "Egypt's Coptic Christians report fresh attacks on churches: Christian leaders blame Muslim Brotherhood supporters for arson and other attacks, including shooting death of teenage girl". The Guardian. Diakses 2013-08-16. 
  15. ^ Khairat, Mohamed (Aug 16, 2013). "Coptic churches burn amid violence in Egypt: Coptic Christians call for greater protection as wave of violence sweeps across Egypt". Egyptian Streets. Diakses 2013-08-16. 
  16. ^ Hany N. Takla, History of Coptic Language
  17. ^ "Egyptian Calendar of the Martyrs".
  18. ^ Informasi lebih jauh mengenai Kalender Koptik

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Wolfgang Kosack: Der koptische Heiligenkalender. Deutsch - Koptisch - Arabisch nach den besten Quellen neu bearbeitet und vollständig herausgegeben mit Index Sanctorum koptischer Heiliger, Index der Namen auf Koptisch, Koptische Patriarchenliste, Geografische Liste. Christoph Brunner, Berlin 2012, ISBN 978-3-9524018-4-2.