Krisis Oktober

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Krisis Oktober (bahasa Perancis: La crise d'octobre, bahasa Inggeris: October Crisis) adalah krisis yang terjadi di Kanada pada bulan Oktober 1970. Itu terkait dengan penahanan anggota Front Pembebasan Quebec (FLQ - bahasa Perancis: Front de Libération du Québec); pada tahun 1970, 23 orang anggota FLQ dipenjarakan karena pemboman dan pembunuhan politik. Pada bulan Oktober 1970, Komisaris Perdagangan Inggris James Cross dan Menteri Perburuhan provinsi Quebec, Pierre Laporte, diculik oleh FLQ. Akibatnya, Tentara Kanada diminta untuk melakukan patroli di wilayah ibukota negara (Ottawa) oleh Perdana Menteri Kanada Pierre Trudeau. Setelah itu, Pemerintah provinsi Quebec juga meminta Tentara Kanada untuk campur tangan di provinsi itu, karena mereka takut akan pemogokan mahasiswa dan demonstrasi besar FLQ.

Kanada juga berlaku UU Tindakan Perang (bahasa Inggris: War Measures Act), darurat militer yang dulu hanya berlaku selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II. 465 orang ditangkap dan ditahan tanpa dakwaan. Ketika ditanya oleh seorang wartawan seberapa jauh dia berniat memberlakukan darurat militer, Perdana Menteri Trudeau mengatakan "Lihat saja aku" (bahasa Inggeris: "Just watch me"). Pernyataan ini telah menjadi terkenal dan mengejutkan banyak lawan-lawannya.

Pada tanggal 17 Oktober, Pierre Laporte tewas dicekik oleh FLQ dan sengaja ditinggalkan di dalam bagasi mobil di dekat kota Montreal. Sebuah manifesto berisi tuntutan seperti pelepas tahanan politik dan pesawat bagi para penculik untuk pergi ke Kuba atau Aljazair dipublikasikan. Pada tanggal 3 Desember, James Cross dibebaskan dan lima penculik diberi penerbangan ke Kuba. Sebulan kemudian, tiga penculik Pierre Laporte yang tersisa ditemukan bersembunyi di pedesaan Quebec. Mereka ditangkap dan kemudian dituduh melakukan pembunuhan dan penculikan.

Peristiwa ini ini adalah salah satu penggunaan darurat militer di masa damai satunya di Kanada, dan karena itu dikritik oleh aktivis kebebasan sipil. Banyak orang nasionalis dari Quebec juga tidak menyukai penangkapan massal pemimpin gerakan nasionalis damai pada waktu itu.